Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apple Hentikan Produksi iPod, Setelah 20 Tahun Eksis

Apple jual stok terakhir iPod, kini sudah hentikan produksi

Setelah perilisan pertamanya lebih dari 20 tahun lalu, Apple akhirnya menghentikan produksi iPod.

Perangkat musik iPod yang terakhir mereka keluarkan yaitu iPod Touch. Itu pun terakhir mereka rilis tahun 2019 silam, dan nggak ada versi lebih barunya lagi.

Pasalnya, fitur yang ada dalam iPod kini sudah bisa kita temukan di perangkat-perangkat Apple lainnya.

Hal ini terkonfirmasi oleh perusahaan itu langsung. Mereka bilang, mereka masih akan jual iPod Touch, tapi cuma generasi terakhir dan ‘selagi stok masih ada’.

Apple Hentikan Produksi Perangkat Musik iPod, Setelah 20 Tahun Eksis
via Tenor

iPod pertama rilis tahun 2001

Apple merilis perangkat musik iPod pertama kali di tahun 2001 silam. Alat itu jadi MP3 player pertama yang bisa menyimpan 1.000 lagu. Selain Touch, tipe iPod lainnya mencakup iPod mini iPod Nano, dan iPod Shuffle.

Puncaknya ada di tahun 2011. Waktu itu, perusahaan milik Steve Jobs tersebut menguasai 20 persen pasar global untuk MP3 player. Bahkan, lebih dari 400 juta iPod sudah terjual.

Tahun 2017, mereka pun berhenti menjual tipe Nano dan Shuffle, hingga hanya iPod Touch yang tersisa. Dengan bentuk dan fiturnya yang mirip HP pada umumnya, nggak heran kalau mereka memutuskan untuk menghapus produk iPod.

Apple Hentikan Produksi Perangkat Musik iPod, Setelah 20 Tahun Eksis
via Giphy

‘Semangat iPod tetap hidup’

Lewat pernyataan resminya, Kepala Marketing Apple, Greg Joswiak mengatakan kalau semangat iPod bakal tetap hidup, lewat produk lainnya.

Musik selalu jadi bagian utama kami, dan membawanya ke jutaan pengguna iPod memengaruhi lebih dari sekadar industri musik. Ini mendefinisikan ulang bagaimana musik ditemukan, didengarkan, dan dibagikan,” kata Greg.

Hari ini, semangat iPod tetap hidup. Kami mengintegrasikan pengalaman musik yang luar biasa di semua produk kami, mulai dari iPhone, Apple Watch, hingga HomePod mini, dan di seluruh Mac, iPad, dan Apple TV,” lanjutnya.

Apple Hentikan Produksi Perangkat Musik iPod, Setelah 20 Tahun Eksis
via Tenor

Who misses the iPods already? Let us know! 

(Image via Unsplash)