AstraZeneca Diklaim Ampuh Cegah Virus Varian Delta?

AstraZeneca Diklaim Ampuh Cegah Virus Varian Delta?
access_time 4 bulan yang lalu

Dua dosis vaksin AstraZeneca ampuh lawan varian delta (yang berasal dari India)

Otoritas Kesehatan Inggris (Public Health England) atau PHE menyatakan dua dosis vaksin AstraZeneca efektif melawan corona varian Delta (B.1.617.2). Virus ini biasa terkenal dengan virus varian India karena asalnya dari negeri tersebut.

Menurut PHE, efektivitas ini setara dengan efektivitas dua dosis vaksin terhadap varian alpha. PHE juga melaporkan terdapat dua dosis vaksin Pfizer-BioNTech 96 persen mencegah gejala. Sedangkan untuk dua dosis vaksin AstraZeneca tingkat efektivitasnya mencapai 92 persen.

Meski begitu, PHE sendiri mengaku mereka masih melakukan penelitian lanjutan untuk menentukan tingkat perlindungan vaksin terhadap kematian dari varian delta. Karena berdasarkan dugaan awal, PHE menyebut tingkat kematian dari varian ini akan tinggi.

Studi tentang efektivitas vaksin ini pun mereka lakukan terhadap 14.019 kasus varian Delta, antara 12 April hingga 4 Juni 2021. Dari seluruh jumlah itu, 166 diantaranya rawat inap ke rumah sakit.

Baca juga:  Ariana Grande Bocorkan Parfum Terbarunya “God Is A Woman”

Pentingnya mendapat suntikan kedua

Sebelumnya, PHE menerbitkan analisisnya yang menunjukkan satu dosisnya kurang efektif untuk mencegah penyakit simtomatik dari varian Delta, dibandingkan dengan Alpha. Namun cuma ada sedikit perbedaan setelah dua dosis.

“Bukti keefektifan 2 dosis terhadap varian ini menunjukkan betapa pentingnya mendapatkan suntikan kedua,” ujar Sekretaris Kesehatan dan Perawatan Sosial PHE, Matt Hancock.

“Jika Anda sudah mendapatkan dosis pertama tetapi belum memesan yang kedua, silakan lakukan. Ini akan membantu menyelamatkan nyawa dan mendorong kita menuju pemulihan,” ujarnya.

Selain itu, Kepala Imunisasi PHE, Mary Ramsay mengatakan temuan tersebut mengkonfirmasi bahwa vaksin menawarkan perlindungan yang cukup signifikan terhadap rawat inap dari varian Delta.

Ia mengatakan Vaksin merupakan alat terpenting yang kita miliki untuk melawan COVID-19. Vaksin terbukti udah menyelematkan banyak nyawa.

“Sangat penting untuk mendapatkan kedua dosis segera untuk mendapatkan perlindungan maksimal terhadap semua varian yang ada dan yang muncul,” ujar Ramsay.

close

AstraZeneca Diklaim Ampuh Cegah Virus Varian Delta?

Search
close