Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beli Lukisan 400 Ribu, Kini Pria Tersebut Cuan 713 Miliar!

Beli lukisan 400 ribu sekitar empat tahun lalu, seorang pria di Massachusetss kini berhasil menjualnya dengan harga 50 juta US Dollar atau setara IDR 713 miliar.

Lukisan bergambar soerang perempuan dan anak berjudul “A.D.” itu dibelinya dalam sebuah pameran.

Beli lukisan 400 ribu, harganya sekarang mencapai 50 juta US Dollar

Karya seni lama yang dibuat dengan luar biasa,” tututr pria sebagaimana dilansir Artnet News. Menariknya meski membeli dengan harga yang relatif ekonomis, kini lukisan itu ditawar 50 juta US Dollar oleh Galeri Agnews di London.

Menurut Agnews, “A.D.” adalah karya seni master Renaisans Jerman, Albert Durer. Galeri seni tersebut bahkan memiliki alasan tersendiri terkait tanggapan itu.

Dipercaya sebagai lukisan asli Durer

Setelah melewati analisis, Christof Metzger selaku kepala kurator Museum Alerbtina di Wina mengkonfirmasi sebagai karya asli.

Albrecht Dürer - Wikipedia

Selain itu Giulia Bartum mantan kurator German Prints and Drawings di The British Museum juga mengklaim hal serupa.

Keduanya sepakat menduga karya itu dibuat sekitar tahun 1503 sebagai studi pendahuluan lukisan cat air terkal Durer, The Virgin with a Multitude of Animals.

Jalan untuk memeriksa keaslian tidak mulus

Berdasarkan keterangan Agnews, si sang pemilik sempat membawa lukisan itu kepada beberapa ahli untuk otentikasi atau penjualan. Namun tidak jarang dia mendapat penolakan.

Baru setelah secara kebetulan terhubung dengan Clifford Schorer, kolektor berbasis di Boston, karya itu baru dipertimbangkan.

Beli Lukisan 400 Ribu, Kini Pria Tersebut Cuan 713 Miliar!

Schorer membawanya ke Agnews dan kemudia membawa ke Metzger dan pakar lain. Pakar kertas yang terlibat dalam otentikasi berhasil memastikan usia material. Selain itu juga ditemukan tanda air ‘Trident and Ring’ sebagai tanda tangan Durer.

Adapun gambar itu merupakan milik arsitek diluar Boston yang menyimpannya sebagai warisan keluarga.

Terkait harga, galeri Agnews London belum menetapkan harga spesifik untuk karya yang disebut The Virgin and Child with a Flower on a Grassy Bank. Namun Schorer menduga nilainya bisa mencapai 50 juta US Dollar.