BTS Babak Belur, #RacismIsNotComedy dan #StopAsianHate Viral, Apa Penyebabnya?

BTS Bruisers
access_time 9 bulan yang lalu

BTS Bruisers‘ buatan Garbage Pail Kids ‘SHAMMY Awards’ dianggap menggambarkan kekerasan anti-Asian. Pada koleksi kartu ‘komedi’ tersebut, terdapat pelesetan beberapa artis dari Grammy 2021.

Namun, kartu tersebut menggambarkan BTS dengan wajah anggotanya yang babak belur dalam permainan Whack-A-Mole, dengan piala Grammy sebagai palunya.

Gambar BTS oleh Topps Garbage Pail Kids 2021 mendapat protes orang-orang

BTS Bruisers by Garbage Pail Kids
via Topps

Koleksi dengan judul ‘The Shammy Awards‘ ini sedang mendapatkan kecaman dari warganet karena animasinya yang ‘kurang etis’. Beberapa orang mengklaim kalau penggambaran dengan ‘memar’ ini adalah potret dari perlakuan tidak adil dari Recording Academy terhadap grup pelantun ‘Dynamite’ itu.

Ada pula yang bilang dengan meningkatnya kejahatan rasial terhadap orang-orang Asia, sepertinya animasi ‘komedi’ ini kurang tepat dan tidak boleh berlanjut. Sekalipun jika tujuan artwork ini hanyalah sebuah satir.

Kemudian, seorang YouTuber Jose Ochoa bereaksi pada brand tersebut: “Coba jelaskan kenapa kalian bikin ilustrasi BTS dengan cara begini? Artis lain kalian gambarin gak dengan kekerasan. Kenapa ini bisa dirilis?” tulisnya di Twitter.

Aku suka yang satir-satir, tapi ada cara lain untuk ngegambarin BTS di Grammy. Dengan banyaknya anti-Asian Hate Crimes, kalian memilih untuk mengilustrasikan mereka babak belur gara-gara Grammy dalam permainan whac-a-mole…” lanjutnya.

Baca juga:

Viralnya tagar #RacismIsNotComedy dan #StopAsianHate

Kejadian tersebut menarik perhatian para fans BTS (Army) maupun orang lain yang peduli dengan isu rasial ini. Sebab, mereka menganggap hal semacam ini bukanlah hal yang pantas dijadikan komedi dan bahan tertawaan. Karena itu, kedua tagar ini seketika menjadi viral di Twitter.

Selain itu, banyak juga akun yang menjelaskan tentang bagaimana rasisme terhadap orang Asia sering terjadi.

So, what do you think? Is racism a comedy?

close

BTS Babak Belur, #RacismIsNotComedy dan #StopAsianHate Viral, Apa Penyebabnya?

Search
close