🙋‍♀️10 Cara Mencerahkan Ketiak, Dijamin Ampuh!

cara mencerahkan ketiak
access_time 2 minggu yang lalu

Ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang perlu dirawat. Sebab, lipatan tersebut kerap kali menimbulkan bau ataupun berubah menjadi kehitaman. Nah, berbicara tentang kehitaman, kali ini artikel akan membahas mengenai cara mencerahkan ketiak. Apa saja tipsnya? Berikut ulasannya. 

Menggunakan irisan timun 

cara mencerahkan ketiak
Via: Merdeka

Cara pertama untuk mencerahkan ketiak adalah dengan menggunakan irisan timun. Caranya adalah dengan menempelkan irisan timun di ketiak kurang lebih selama 10 menit. Jika sudah, lepaskan timun dan bilas dengan menggunakan air. 

Memakai kulit jeruk 

cara mencerahkan ketiak
Via: detikFood

Berikutnya adalah memakai kulit jeruk. Langkahnya adalah pertama-tama campurkan kulit jeruk yang telah diparut halus dengan satu sendok makan susu dan satu sendok makan air mawar. Apabila sudah, gosokkan bahan-bahan tersebut ke ketiak dengan lembut dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas menggunakan air dingin. Cara ini akan bekerja efektif apabila dilakukan dua sampai tiga kali dalam satu minggu. 

Menggunakan tea tree oil 

cara mencerahkan ketiak
Via: Merdeka

Kamu juga bisa menggunakan tea tree oil. Pertama, campurkan beberapa tetes tea tree oil dengan air biasa. Kemudian, oleskan ke permukaan kulit ketiak secara perlahan. Namun, jangan terlalu banyak supaya ketiak tidak berminyak. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan setelah selesai mandi setiap hari. 

Memakai air perasan kentang 

cara mencerahkan ketiak
Via: Pro Sehat

Kemudian, kamu juga bisa menggunakan air perasan kentang. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah memarut kentang terlebih dulu. Jika sudah, peras parutan kentang untuk mendapatkan airnya. Lalu, oleskan air perasan kentang ke ketiak secara merata dan diamkan selama 10 menit. Selanjutnya, bilas ketiak dengan menggunakan air dingin. 

Menggunakan kunyit 

cara mencerahkan ketiak
Via: Hello Sehat

Kunyit juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mencerahkan ketiak. Menariknya lagi, bahan ini juga mempunyai sifat antibakteri yang dapat menghilangkan bau tak sedap pada ketiak. Untuk cara pemakaiannya, campurkan dua sendok makan jus lemon segar dengan kunyit secukupnya. Aduk hingga menjadi pasta. Lalu oleskan secara merata ke ketiak dan diamkan selama 10 menit. Kalau sudah, bersihkan menggunakan air hangat. 

Memakai minyak kelapa 

cara mencerahkan ketiak
Via: SehatQ

Bahan lainnya ada minyak kelapa. Cara menggunakannya adalah teteskan minyak kelapa ke ketiak dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci ketiak dengan sabun dan bilas menggunakan air hangat. Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari. 

Menggunakan minyak zaitun 

cara mencerahkan ketiak
Via: AloDokter

Selain minyak kelapa, minyak zaitun juga bisa dipakai untuk mencerahkan ketiak. Caranya adalah mencampur minyak zaitun dengan gula pasir. Kemudian basahi ketiak dan oleskan dua campuran bahan tersebut. Biarkan selama 15 menit dan bilas menggunakan air hangat. 

Memakai gel lidah buaya

cara mencerahkan ketiak
Via: WomanTalk

Gel lidah buaya ternyata bisa membantu ketiak supaya lebih cerah. Ini karena kandungan aloesin yang bisa menghambat pembentukan enzim pigmentasi kulit. Selain itu, gel lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri dan dapat menenangkan kulit meradang. Cara pemakaiannya adalah oleskan gel lidah buaya ke ketiak dan diamkan selama 15 menit. Kalau sudah, bilas menggunakan air dingin. 

Mengganti deodorant 

cara mencerahkan ketiak
Via: Philadelphia Magazine

Cara mencerahkan ketiak lainnya adalah dengan mengganti deodorant kamu. Sebab, ketiak berubah menjadi lebih gelap lantaran bahan deodorant tidak cocok untuk ketiak. Pilihlah deodorant terbaik yang mengandung bahan-bahan yang dapat mencerahkan. 

Mencukur bulu ketiak dengan benar 

cara mencerahkan ketiak
Via: Halodoc

Tips selanjutnya adalah mencukur bulu ketiak dengan benar. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah eksfoliasi dengan menggunakan scrub. Apabila sudah, bersihkan scrub dan basahi kulit ketiak dan alat cukur. Setelah itu, cukurlah secara perlahan ke arah atas, bawah, dan samping untuk mendapatkan hasil sehalus mungkin. Kalau sudah, keringkan ketiak dan gunakan pelembap seperti gel aloe vera untuk menghindari terjadinya iritasi. 

Beberapa cara mencerahkan ketiak di atas bisa coba kamu terapkan di rumah. Namun untuk bahan-bahan alami perlu ditanyakan dulu kepada ahli apakah cocok untuk kulit ketiak kamu. Alasannya karena kulit ketiak seseorang mempunyai sensitivitas yang berbeda-beda. 

close

🙋‍♀️10 Cara Mencerahkan Ketiak, Dijamin Ampuh!

Search
close