๐Ÿ‘จโ€โš–๏ธ Comma Hair, Gaya Rambut Pria Terinfluence Korean Style

By
access_time 1 minggu yang lalu

Di antara sebuah potongan rambut pria, comma hair adalah yang paling awet masanya. Namanya begitu karena poninya membentuk koma di depan.

Banyak yang bilang kalau comma hair ini asalnya dari Korea. Apalagi belakangan banyak sekali member boyband atau aktor dalam drakor dan film negeri Ginseng itu yang tampil dengan model rambut ini. Tapi sebenarnya tidak juga, kebetulan momennya bertepatan dengan demam Korean Wave di berbagai lini.

Sebelumnya sudah banyak juga pria yang pernah menggunakan comma hair, hanya saja ya mungkin awarenessnya tidak seperti sekarang. Bahkan model ini bisa kita temukan di jaman ayah dan kakek kita lho. Nah, apa yang membuat model rambut ini belakangan begitu banyak penggemar dan berbeda dari yang dulu-dulu?

Model rambut andalan pria Korea

Gaya Rambut Pria Terbaru, 10 Idol Korea Ini Tampil Kece dengan Comma Hair :  Okezone Lifestyle

Yep, walaupun asal muasalnya tidak selalu dari Korea, tapi banyak kaum adam di sana yang mengandalkan potongan rambut seperti ini. Jika balik ke jaman rebonding di tahun 2000an, di mana semua orang sedang senang-senangnya melakukan perming dan catok (terutama Jepang, Tiongkok, bahkan Indonesia) memang sih gaya ini sedikit minggir. Karena pada era itu, mereka lebih senang membuat gaya poni depan, poni samping atau poni lempar untuk kepentingan profesi dan komersil.

Makin ke sini, gaya rambut lurus dan catok yang terkesan boyish mulai memudar. Pria banyak berdandan lebih modern, rapih dan berwibawa. Dengan pilihan panjang rambut yang lebih cepak dan pendek, ternyata malah membuat penampilan para lelaki lebih everlasting.

Seperti kita tahu, kebanyakan boyband Korea dan aktornya, ternyata adalah kelahiran โ€™90-an. Yang mana look mereka aslinya masih sangat muda. Comma hair style ini memang metode yang ampuh menyulap penampilan mereka jadi lebih mature dan modern, tapi tetap trendi.

Menular ke negara lainnya

Kumpulan Foto Han Ji Pyeong 'Start-Up' yang Memikat Banget Nih! - Semua  Halaman - CewekBanget

Seiring dengan virus Korean Waves yang menahun, makin banyak gaya mereka yang aplikatif untuk kita pakai. Tak hanya Indonesia, negara Asia lainnya juga cukup banyak mengadaptasi gaya K-Pop. Ada bowl cut ala Itaewon Class, middle part hairstyle dan pastinya comma hair yang cukup populer gara-gara Han Ji Pyeong di drama Start Up.

Member BTS juga beberapa kali bertukar model rambut ini dengan variasi sesuai karakter masing-masing. Yash, comma hair ini memang cukup versatile, sehingga bisa kita mix dengan gaya lainnya. Asal kita pede saja sih.

Siapa yang tepat menggunakan comma hair?

Comma hair ini sangat pas buat kamu yang ingin menyamarkan bentuk dahi. Karena aksen lengkungnya bisa mengalihkan fokus pada kening yang lebar. Yang oke dari model rambut ini adalah kemampuannya membuat fitur wajah kita jadi seimbang. Jadi misalnya kamu punya pipi bulat atau rahang sangat kotak, comma hair ini bisa membuat tampilan kita lebih proporsional.

Lebih mudah lagi kalau rambutmu tidak terlalu keriting dan cenderung lurus. Tapi juga bukan yang terlalu jatuh. Karena ada PR untuk membuat sedikit volume dan membentuk koma di poni depan.

Jika kamu tidak yakin dengan bentuk wajah atau lebar kening, coba konsultasikan saja dengan hair stylist. Sebab mereka bisa memberikan masukan yang oke, sesuai jenis rambut dan kontur wajah kita.

Cara bikin comma hair yang versatile

Nah, meski sebenarnya gaya rambut ini tidak terlihat baru-baru amat, ternyata memang ada bedanya dengan poni lengkung di era pendahulunya. Di masa sekarang, comma hair ini dilakukan dengan styling. Makanya hasilnya memang beneran cakep. Terkonsep, tapi looknya tidak nampak kaku.

Biar Makin Keren, Ini Cara Bikin 'Comma Hair' yang Lagi Tren di Korea
Sumber: IDN Times

Kalau mau styling sendiri di rumah juga bisa. Siapkan rambut yang bersih dan kering, terutama poni ya. Kemudian, buat belahan sambut 7:3, artinya mirip dengan belah samping. Pada bagian rambut 7, buat volume dengan menariknya ke depan, bisa menggunakan bantuan hairdryer.

Mulai tata bagian depan rambut dan mulai bentuk huruf c atau bentuk koma dengan menggunakan jari. Kita juga bisa menggunakan produk styling seperti gel atau powder yang bisa membantu membuat bentuk ini. Beri suhu hangat hair dryer sekitar 2-3 detik. Bisa juga kita set kembali menggunakan hairspray.

Nah, itulah comma hair style yang sedang banyak peminat. Memang sih, gaya rambut itu cocok-cocokan. Tapi, karena membuatnya mudah, worth to try lah ya. Selamat mencobaaa…

close

๐Ÿ‘จโ€โš–๏ธ Comma Hair, Gaya Rambut Pria Terinfluence Korean Style

Search
close