Fitur Baru WhatsApp “View Once”, Foto Terhapus Setelah Dilihat

Fitur Baru WhatsApp "View Once", Foto Terhapus Setelah Dilihat
access_time 3 bulan yang lalu

Fitur Baru WhatsApp bernama View Once alias sekali lihat baru saja dirilis. Dengan keberadaan fitur baru ini, nantinya foto atau video yang sudah dilihat sang peneriman akan dapat menghilang secara otomatis.

Fitur Baru WhatsApp “View Once” bisa digunakan pada semua media dan percakapan

Seperti diungkapkan oleh laman WABetaInfo setelah mendapatinya pada aplikasi WhatsApp versi beta 2.21.14.3 di Android. Disebutkan fitur tersebut ternyata tidak hanya berlaku pada foto saja, melainkan semua media mulai dari video sampai dengan gif.

Selain itu, fitur View Once juga bisa digunakan pada percakapan individu maupun grup. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Begini cara penggunaan fitur tersebut ;

via WAbetaInfo
  • Pilih foto, video atau GIF yang akan dikirim.
  • Pada bagian ‘Add a Caption’, Lo akan menemukan ikon yang menampilkan angka satu dalam lingkaran, tekan ikon tersebut.
  • Lalu pop up pesan akan muncul dan menjelaskanWhatsApp siap mengaktifkan fitur View Once.
  • Kemudian kirim pesan itu

Berbeda dengan fitur pesan menghilang otomatis

Perlu diketahui bahwa fitur ini berbeda dengan fitur pesan menghilang otomatis yang sempat dirilis WhatsApp sebelumnya. Pasalnya fitur pesan menghilang otomatis akan menghapus obrolan dalam waktu tujuh hari, bukan hanya media.

Sementara pada View Once, penerima akan memiliki satu kesempetan untuk melihatnya. Meski pesan dikirimkan pada seseorang yang belum mengaktifkan fitur View Once, sang penerima tetap hanya bisa melihatnya sekali.

Pengguna yang mengirim pesan juga dapat melihat status pesan jika sudah terkirim, dilihat dan dibuka.

Fitur Baru WhatsApp "View Once", Foto Terhapus Setelah Dilihat
via WAbetaInfo

Meskipun ada batasan untuk melihat, penerima masih dapat mengambil screenshoot foto atau video, dan WhatsApp tidak akan memberi tahu pengirim karena belum ada fitur deteksi tangkapan layar di aplikasi.

Saat fitur ini digunakan pada grup, media yang dibagikan hanya akan dapat dilihat satu kali oleh setiap anggota grup. Pengirim dapat mengetahui siapa yang membuka media dengan mengklik ‘Info Pesan’.

Kendati demikian, belum ada informasi kapan fitur ini akan disebarluaskan. Namun CEO Facebook, Mark Zuckerberg sudah memberikan sinyal kalau fitur baru ini akan segera tersedia untuk semua orang.

close

Fitur Baru WhatsApp “View Once”, Foto Terhapus Setelah Dilihat

Search
close