Guess Gerak Cepat Setelah Disebut Jiplak Desain Label Lain

access_time 8 bulan yang lalu

Guess dituduh meniru desain tas Telfar

Persamaan antara kedua tas yang Guess keluarkan dengan desain Telfar juga terbilang mirip ketika disandingkan.

Telfar terkenal dengan logonya yang berbentukan huruf T dan C yang bersatu dalam lingkaran. Beberapa selebriti seperti Bella Hadid, Oprah Winfrey, dan Dua Lipa adalah penggemar tas Telfar.

Tampilan yang ikonik ini membuat netizen menuduh kalau Guess menjiplak desain dari Telfar. Salah satu Instagram fashion juga ikut membandingkan kedua tas ini dan menyoroti persamaan yang sangat mirip.

Keduanya sama-sama berwarna hitam dengan logo pada bagian depannya. Satunya dengan logo G ala Guess dan yang satunya logo T dan C ala Telfar.

Bahannya juga terbuat dari kuli dengan dua tali panjang dan pendek untuk dijinjing.

Rancangan desain milik Telfar Clemens

Desain ini adalah hasil karya seorang desainer kulit hitam asal Liberia-Amerika Serikat, Telfar Clemens. Tas selempang ini Telfar pasarkan untuk netral gender.

Desain ini juga memenangkan penghargaan Design Museum’s 2020. Majalah budaya pop Dazed menobatkan tas ini sebagai aksesori paling penting dalam dekade ini.

Antoine Gregory, seorang direktur mode dan pendiri Black Fashion Fair, berpendapat kalau masalah penjiplakan desain ini adalah hal yang menjengkelkan.

Ia juga mengaitkannya dengan permasalahan rasial dan hak istimewa atau privillege yang gak semua orang miliki.

Pasalnya, brand fashion sebesar Guess mungkin bisa saja memproduksi tas dengan jumlah yang masif, namun gak begitu dengan desainer aslinya.

“Yang paling menjengkelkan adalah bahwa perusahaan seperti GUESS memiliki modal dan sumber daya untuk memproduksi tas ini dalam jumlah besar, saat desainer aslinya tak bisa,” ujar Gregory.

Guess memutuskan untuk menarik kembali tas dari pasar

Menanggapi kontroversi yang terjadi, Guess pun udah menarik kembali produk tas dari toko.

“Beberapa orang di media sosial telah membandingkan tas tersebut dengan tas belanja Telfar Global. Signal Brands–pemegang lisensi handbag milik Guess–tidak ingin menghalangi kesuksesan Telfar Global,” tulis mereka.

Babak Radboy, perwakilan dari Telfar sangat berterima kasih atas tanggapan cepat dari Guess. Ia juga mengungkapkan kalau ini adalah hal yang membahagiakan.

close

Guess Gerak Cepat Setelah Disebut Jiplak Desain Label Lain

Search
close