Hara Ceritakan Hubungan Manusia dan Alam Lewat Debut EP “Kenduri”

access_time 3 bulan yang lalu

Proyek solo milik Rara Sekar, Hara baru saja merilis debut mini albumnya bertajuk “Kenduri“. Nuansa berkebun dan hubungannya dengan alam semua tergabung di dalamnya.

Sebelumnya, ia juga sempat merilis salah satu lagunya berjudul “Kebun Terakhir” sebagai pemanasan. Seperti apa keseluruhan mini album ini?

EP “Kenduri” Terinspirasi dari Hobi Berkebun

Hara
@rarasekar

 

Usai berpisah dari Banda Neira dan Daramuda, Rara Sekar memang lebih fokus dengan Hara sebagai proyek solonya. Ia juga telah memberikan pemanasan kepada pendengar dengan singleKebun Terakhir” yang dirilis beberapa waktu lalu.

Kini, lagu tersebut telah bergabung dengan yang lainnya dalam debut EP “Kenduri“. Identitas musik yang ia bawakan dalam proyek Hara ini terdengar cukup berbeda, terdapat inspirasi folk yang dipadukan dengan neo-klasik dan post-rock.

Read more:

Rara Sekar / Hara
@rarasekar

EP “Kenduri” sendiri banyak terinspirasi dari hobi berkebunnya. Secara keseluruhannya pun ia membagikan harapan yang ditemukan dari kebun serta hubungannya antara manusia dengan alam.

Berkebun pada mulanya hanya rasa ingin tahu saja. Tapi sekarang motivasinya jauh lebih besar. Dari berkebun, aku bisa belajar banyak seperti relasi manusia dengan alam, dan bagaimana aku sendiri juga berelasi dengan alam itu sendiri,” kata Rara Sekar dikutip dari Pop Hari Ini.

Kolaborasinya dengan Guna Warma

Melalui EP perdananya ini, Hara juga membuat kejutan atas kolaborasinya bersama Guna Warma lewat lagu “Akar Wangi“. Suara air mengalir terdengar sayup sambil menemani vokal dari kedua musisi hebat ini.

Uniknya, lagu ini juga menyematkan syair berbahasa Bali yang tentunya dinyanyikan oleh Guna Warma. Syair yang diperdengarkan ini tentunya semakin menghidupkan lagu berdurasi lima menit ini.

Hara melakukan proses produksi untuk EP ini bersama Febrian Mohammad (Seruak Studio) dari Bantul dan Putu Deny Surya (PosKo Studio) dari Ubud.

Di bawah label Akar Wangi Records, EP “Kenduri” juga dibantu oleh REDROSE Records sebagai distributornya.

_

Dengarkan seluruh lagu dalam EP “Kenduri” yang sudah tersedia di seluruh platform musik digital.

close

Hara Ceritakan Hubungan Manusia dan Alam Lewat Debut EP “Kenduri”

Search
close