Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jokowi Umumkan Masyarakat Boleh Lepas Masker di Ruang Terbuka!

Jokowi perbolehkan masyarakat tidak memakai masker di ruang terbuka

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan pelonggaran penggunaan masker untuk Masyarakat Indonesia di tengah kondisi Covid-19.

Hal ini diumumkan Jokowi melakui siaran pers yang ia sampaikan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5).

Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker,” tuturnya melalui siaran langsung via Youtube Sekretariat Presiden.

Its A Good News Kind Of Day GIFs - Get the best GIF on GIPHY
via Giphy

Aktivitas di ruangan tertutup tetap menggunakan masker

Kebijakan ini resmi dilakukan berdasarkan kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia sudah terkendali.

Masyarakat yang diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker adalah mereka yang beraktivitas di area terbuka dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker,” lanjut Jokowi pada siaran pers sore ini.

Selain itu, masyarakat yang termasuk kategori lansia atau memiliki penyakit komorbid tetap disarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas.

Sementara masyarakat yang memiliki gejala batuk atau pilek diwajibkan untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas, baik di dalam maupun luar ruangan.

Its Been A Long Pandemic Ok GIFs - Get the best GIF on GIPHY
via Giphy

Indonesia menuju endemi Covid-19?

Saat ini, pemerintah diketahui telah memulai mempersiapkan skenario penanganan Covid-19 di Indonesia dari pandemi menjadi endemi.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy juga telah menyebutkan bahwa Indonesia secara de facto sudah menuju ke endemi Covid-19.

Transisi ini mulai dilakukan karena angka kasus aktif, positivity rare, tingkat okupansi rumah sakit, dan angka kematian di Indonesia sudah sangat menurun.

Let us know your thoughts!

(Image: Instagram @Jokowi)