Kamera iPhone Bisa Rusak Karena Getaran Motor

Kamera iPhone Bisa Rusak Karena Getaran Motor
access_time 7 hari yang lalu

Kamera iPhone bisa rusak karena getaran motor? Berita terbaru menyebutkan bahwa para pemiliki perangkat iPhone yang kerap berkendara dengan sepeda motor sebaiknya tidak meletakan perangkat tersebut di panel instrumen atau setang kemudi.

Pasalnya, getaran dari mesin sepeda motor dapat berpengaruh dan merusak sistem kamera iPhone. Lebih tepatnya, getaran tersebut akan mengganggu mekanisme Optical Image Stabilizer (peredam goyangan) dan autofokus, sehingga kualitas gambar akan menurun.

Info kamera iPhone bisa rusak karena getaran motor dirilis secara resmi oleh Apple

Menariknya, informasi ini diungkapkan secara resmi oleh Apple lewat sebuah artikel di situs resminya.

Sebagaimana dilansir keterangan tersebut, Apple menjelaskan, meskipun dirancang dengan ketahanan tinggi, sistem OIS dan closed-loop autofocus (AF) di kamera iPhone bisa rusak apabila mengalami getara dalam frekuensi tertentu secara terus menerus.

Spesifiknya, (getaran) yang dihasilkan oleh mesin sepada motor berkinerja tinggi,” tulis mereka dalam situs resminya. Apple seraya menghimbau penggua iPhone untuk tidak menaruh perangkatnya di tempat yang terhubung denga chassis atau setang motor.

Info kamera iPhone bisa rusak karena getaran motor dirilis secara resmi oleh Apple
via Apple

Lebih lanjutnya, getaran yang dimaksud bukan hanya yang berasal dari mesin sepeda motor ‘berkinerja tinggi’, melainkan jenis lain yang lebih kecil dan umum, sebut saja skuter dan motor bebek.

Kendati getaran yang dihasilkan motor tersebut lebih kecil, Apple tetap menyarankan para pengguna untu memakai semacam peredam bila hendak memasang perangkat di kendaraan.

Mounting peredam bisa mengurangi risiko kerusakan

Sebagai ‘alternatif’, mounting peredam menjadi saran yang diberikan oleh Apple kepada para pengguna untuk dapat mengurangi risiko kerusakan sistem OIS dan AF pada iPhone.

Mounting peredam getaran direkomendasikan untuk mengurangi risiko kerusakan sistem OIS dan AF iPhone. Direkomendasikan juga untuk menghindari penggunaan rutin dalam jangka waktu yang lama,” jelas Apple.

via Rokform

Sebagaimana dilansir MacRumors, Selasa (14 September), semua model iPhone dari seri 6 Plus, 6S Plus dan iPhone 7 memiliki OIS dan/atau sistem AF closed-loop di mana perangkat itu juga termasuk yang dapat rusak karena getaran mesin.

Masih menjadi tanda tanya kenapa baru dibocorkan Apple

Menariknya, artikel terkait penjelasan efek getara mesin sepeda motor ini baru diunggah Apple pada tanggal 10 September pekan lalu.

Belum diketahui jelas kenapa Apple baru mengungkapkannya. Namun sejumlah pengguna disebut mengeluhkan penurunan kualitas kamera akibat getaran. Di mana keluhan itu tersebar luas di beberapa forum diskusi online dan sudah menjadi topik terhangat selama beberapa tahun.

Sebagaimana dilansir Kompas, Apple juga pernah mewanti-wanti pengguna bahwa OIS dan closed-loop AF kamera iPhone bisa menurun kualitasnya akibat interfensi magnetik yang ditimbulkan dari aksesoris. Namun masalah ini hanya ada di beberapa model dan bisa teratasi dengan mencopot aksesorisnya.

close

Kamera iPhone Bisa Rusak Karena Getaran Motor

Search
close