๐Ÿ‘ฉ9 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Bisa Dicoba di Rumah

By
access_time 4 minggu yang lalu

Belakangan manfaat lidah buaya untuk perawatan wajah semakin populer. Bukan hanya yang secara alamiah, tapi juga produk turunannya.

Ya, cukup banyak produk dengan kandungan lidah buaya yang diminati sejak makin maraknya beauty enthusiast menyebarkan kabar gembira ini. Tumbuhan tersebut memang memiliki segudang manfaat untuk beragam jenis kulit. Mulai dari yang normal, bermasalah, sensitif, hingga kondisi darurat saat kulit mengalami iritasi atau peradangan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk kita kenali. Sehingga, jika ingin membeli produk lidah buaya dalam bentuk kosmetik maupun skincare, akan lebih mudah dan yakin memutuskan beli atau tidaknya.

Memberi kelembaban kulit kering

Sumber: Ranchi

Manfaat lidah buaya untuk kulit kering adalah bagaikan oase di padang pasir. Untuk beberapa jenis kulit yang cenderung kering, aplikasi krim gel lidah buaya biasanya bisa membantu menghidrasi kulit. Hal ini karena gel lidah buaya mengandung 98% air. Kulit menjadi lebih sejuk, tenang dan lembab.

Menenangkan kulit yang iritasi

Sumber: PopSugar

Iritasi kulit bisa seperti gatal, ruam, panas atau inflamasi dan sebagainya. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan hal ini terjadi. Misalnya sengatan matahari, gigitan serangga, iritasi karena perawatan kulit tertentu dan sebagainya. Kandungan lidah buaya memiliki penenang dan anti bakteri yang bisa menghilangkan kemerahan, meredakan gatal dan perih, serta mencegah peradangan akibat bakteri tersebut.

Manfaat lidah buaya untuk atasi gatal kronis

Sumber: Pikiran Rakyat

Masih dengan kekuatan anti inflamasinya, lidah buaya bisa membantu mengatasi permasalahan gatal pada kulit wajah maupun bagian tubuh lainnya. Bahkan, ekstrak lidah buaya juga berguna pada beberapa pengobatan biduran atau perawatan area intim wanita. Meski demikian, kita sendiri tetap perlu memastikan apakah ada alergi terhadap lidah buaya ini dengan cara mengetes di punggung telapak tangan dekat jempol.

Mempercepat penyembuhan luka

Sumber: Lazada

Aloe vera atau lidah buaya juga mampu mempercepat penyembuhan luka. Dengan kombinasi kemampuannya mencegah inflamasi dan peradangan, serta melembabkan dan menutrisi kulit. Jadi, bila ada luka tertentu, bisa coba menggunakan salep atau gel lidah buaya untuk pengobatan.

Mengatasi komedo dan memperbaiki tampilan pori

Sumber: Sassylicious

Lidah buaya memiliki kemampuan untuk membersihkan kulit. Mengoleskan gel lidah buaya di permukaan wajah yang berkomedo selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hangat, membantu proses pembersihan pori dari sebum dan komedo. Karena ini cara yang alami, jadi prosesnya akan sedikit bertahap bila komedo kita termasuk yang membandel. Namun bila kita melakukannya secara rutin, dapat mencegah komedo dan mengecilkan pori-pori.

Manfaat lidah buaya untuk atasi jerawat

Sumber: India Today

Lidah buaya membantu perawatan kulit bermasalah, di antaranya adalah jerawat. Beberapa salep atau obat jerawat juga sudah mengandung ekstrak aloevera untuk membantu mengurangi peradangan, melawan bakteri dan membantu penyembuhan hingga luka bekas jerawatnya bisa memudar. Namun, untuk beberapa kasus jerawat yang spesifik, ada baiknya konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu ya.

Manfaat lidah buaya sebagai tabir surya

Sumber: Healthline

Kandungan antraquinon/aloin menurut penelitian mampu menjadi pelindung alami kulit dari paparan sinar UV. Sehingga menghambat aktivitas tirosinase, mengurangi pembentukan melanin, sehingga mencegah adanya hiperpigmentasi. Meski demikian, tidak dianjurkan ya untuk terlalu lama kena paparan langsung sinar matahari. Jika kulit kita baru tersengat matahari cukup lama, sering disarankan untuk menggunakan lidah buaya untuk mengobati kemerahan, rasa panas dan membuat kulit lebih tenang.

Membersihkan makeup

Sumber: Organic Chimp

Lidah buaya bisa bantu membersihkan kulit dari makeup. Karenanya beberapa produk pembersih wajah baik itu berupa cleanser, facial wash, micellar water hingga toner, menggunakan bahan ini untuk membantu menangani bakteri dan kotoran. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, selain membersihkan, juga mampu merawat kulit hingga pori.

Nutrisi kulit dari dalam

Sumber: Beautynesia

Lidah buaya juga bisa kita konsumsi sebagai makanan. Tentu saja memberikan dampak yang baik dari dalam. Karena kaya serat, lidah buaya sangat membantu pencernaan kita bekerja lebih baik. Hal ini juga akan berpengaruh ke kulit kita lho. Kandungan Vitamin A, C dan E sangat bagus dalam mencegah penuaan, membuat tampilan wajah lebih cerah dan merona, serta menjaga kekenyalan kulit.

Meski menjadi salah satu bahan alami yang kaya manfaat, ada baiknya memperhatikan dan mengetes kulit kita lebih dulu. Karena hasil bisa berbeda pada masing-masing orang dengan sensitivitas tertentu. Cara mengujinya, seperti mencoba skincare, yakni mengoleskannya di punggung telapak tangan atau di lengan bagian dalam.

Jika dalam 30-40 menit tidak ada reaksi, maka lidah buaya ini bisa kita coba. Aplikasikan sedikit atau tipis-tipis dulu jika yang kita gunakan adalah lidah buaya asli. Jika yang mau kamu pakai adalah produk kecantikan, cobalah sesuai prosedur yang tertera pada kemasan.

Itulah beberapa manfaat lidah buaya yang bermanfaat untuk kulit wajah. Secara umum, aloe vera ini juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Semoga informasi ini bisa membantu kamu mendapatkan kualitas hidup sehat yang lebih baik yah.

close

๐Ÿ‘ฉ9 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah, Bisa Dicoba di Rumah

Search
close