Menggunting Masker Setelah Dipakai Seharian Itu Penting!

access_time 8 bulan yang lalu

Mari biasakan menggunting masker medis setelah dipakai

Pernah gak sih kepikiran buat menggunting masker medis yang abis Lo pakai seharian? Ternyata itu sangat penting, loh. Hal ini pun gue lakukan setelah pulang kantor, selalu menggunting masker yang gue pakai seharian.

Menggunting masker medis nyatanya sama aja dengan mematahkan sumpit kayu setelah makan mie ayam. Sebenarnya biar apa sih?

Pentingnya Menggunting Masker Medis

Menggunting Masker
Foto menggunting masker (via Antaranews)

Masker jadi salah satu barang yang sangat penting di tengah pandemi Covid-19 ini. Bahkan kehadirannya kini menjadi kewajiban bagi setiap orang yang harus beraktivitas di luar rumah.

Penggunaan masker sendiri dilakukan guna terhindar dari paparan virus yang sedang mengancam kita saat ini. Berbagai virus yang terhempas di udara bebas, setidaknya dihalangi oleh masker yang menutupi area hidung dan mulut kita.

Mulai dari masker medis, masker scuba, sampai inovasi masker kain pun menjadi gambaran berkembangnya kebutuhan masyarakat di tengah pandemi. Meski sudah ada inovasi masker yang bisa dipakai berulang (masker kain), masih banyak orang yang merasa nyaman dengan menggunakan masker medis atau masker sekali pakai.

Baca juga:

Nah, teruntuk kalian yang masih nyaman menggunakan masker medis, ada baiknya kalian menggunting masker tersebut setelah digunakan seharian atau dalam beberapa jam.

Gunting masker jadi salah satu cara yang penting untuk kita saling menjaga satu sama lain. Sebab, jika Lo membuangnya secara utuh, bisa saja masker itu diambil pihak yang tidak bertanggung jawab dan digunakannya kembali untuk dijual lagi demi mencari keuntungan.

Tentu ini akan sangat membahayakan kesehatan semua orang, apalagi di tengah pandemi ini di mana kesehatan jadi kunci keberhasilan menghadapi masa-masa sulit.

Gunting Masker
Foto menggunting masker (via Kompas)

Logikanya, bagian luar masker akan jadi tempat yang sangat kotor karena bercampur dengan virus-virus yang ada di luar sana. Apalagi sudah masuk tempat sampah, berbagai kuman sudah menyatu dengan masker tersebut.

Apa jadinya kalau masker utuh yang ada di tempat sampah, ternyata dijual lagi? Pasti sangat menjijikan dan kita pun tidak akan sadar karena dikemas layaknya masker steril yang belum pernah terpakai sebelumnya.

Sama halnya dengan mematahkan sumpit kayu setelah makan mie gerobakan. Kalau Lo membuangnya secara utuh, bisa aja sumpit itu diambil dan dipakai lagi untuk orang selanjutnya.

Gunting Masker
Giphy

Maka dari itu, dengan menggunting masker, sepertinya akan lebih terasa aman karena sudah tidak bisa digunakan kembali. Dengan begitu Lo juga bisa saling menjaga satu sama lain supaya terhindar dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Kalau bisa, gunting masker tersebut sekecil mungkin, supaya semakin kecil pula kemungkinan masker tersebut digunakan kembali. Mungkin emang belum ada kasus soal ini, tapi apa salahnya kita berjaga-jaga lebih awal sebagai langkah antisipasi.

_

Siapa yang selama ini selalu gunting maskernya setelah digunakan seharian?

close

Menggunting Masker Setelah Dipakai Seharian Itu Penting!

Search
close