🍀5 Mitos Bunga Kenanga yang Masih Dipercaya

access_time 4 bulan yang lalu

Bunga kenanga adalah tanaman yang sangat mudah dijumpai di mana-mana. Biasanya, bunga satu ini banyak digunakan untuk upacara keagamaan, khususnya oleh masyarakat yang beragama Hindu. Namun, di balik fungsi dan keindahannya, bunga ini kerap dikaitkan dengan beberapa mitos yang masih dipercaya sampai saat ini. Berikut adalah contoh-contoh mitosnya. 

  • Bunga kenanga diyakini bisa mendatangkan jodoh 

bunga kenanga
Via: Viva

Mitos pertama yang sering beredar adalah bisa mendatangkan jodoh. Konon katanya, apabila bunga satu ini diletakkan di pekarangan rumah bisa mendatangkan sang belahan jiwa. Orang tua di zaman dulu masih sering menanam bunga ini di halaman ketika ada gadis di rumah belum dipersunting. 

  • Bunga kenanga bisa mendatangkan para pelanggan 

bunga kenanga
Via: BisnisHandal

Selain bisa mendatangkan jodoh, bunga ini juga dipercaya mampu mengundang pelanggan bagi para pedagang. Jadi, para pedagang biasanya meletakkan bunga ini di etalase supaya banyak pelanggan datang untuk membeli dagangannya. Bisa dibilang, bunga kenanga bagi penjual dianggap sebagai magnet keberuntungan. 

  • Bunga kenanga dipercaya bisa mengusir makhluk halus 

bunga kenanga
Via: WartaBromo

Bunga yang menjadi simbol kesucian serta mempunyai aroma khas diyakini dibenci oleh makhluk halus. Maka dari itu, masih banyak orang yang menanam bunga ini di depan rumah agar tak diganggu oleh makhluk tak kasat mata. 

  • Sebagai media pengasihan 

bunga kenanga
Via: Strategi dan Tips Pengembangan Diri

Siapa sangka jika bunga cantik satu ini ternyata bisa berperan sebagai media pengasihan. Di mana siapa saja yang menyimpan bunga ini, dapat memikat hati seseorang yang ia sukai. Namun ini diperlukan sebuah ritual khusus agar bunga bisa bekerja maksimal. 

  • Bisa menangkal santet 

bunga kenanga
Via: Beritalima

Selain bisa menjauhkan dari makhluk tak kasat mata, bunga ini juga dianggap dapat menangkal santet. Menurut mitos yang beredar, jika bunga layu secara tiba-tiba, bisa jadi ada orang yang coba mengirimkan santet kepada kamu. Selain itu, jika wangi bunga kenanga merebak secara tiba-tiba, tandanya ada makhluk tak kasat mata kiriman orang lain sedang mengelilingi rumah. 

Itulah beberapa mitos mengenai bunga kenanga yang masih beredar hingga kini. Namun, untuk percaya atau tidaknya, kami serahkan pada pembaca saja deh. 

close

🍀5 Mitos Bunga Kenanga yang Masih Dipercaya

Search
close