NASA Berhasil Ciptakan Oksigen di Mars?

access_time 5 bulan yang lalu

Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA kabarnya telah berhasil menciptakan oksigen di Mars. Hal itu berhasil dilakukan melalui robot penjelajah milik mereka, Perseverance.

Penciptaan oksigen ini juga dilakukan untuk keberlanjutan proyek raksasa memindahkan manusia ke Mars. Dibuat dari apa oksigen ini?

NASA Membuat Oksigen di Mars

NASA
JPL-CALTECH

Dalam rangka mewujudkan kehidupan manusia di Mars, NASA melalui Perseverance membuat oksigen dari karbon dioksida di planet tersebut. Proses pembuatannya dilakukan dalam sebuah perangkat seukuran pemanggang roti.

Perangkat tersebut bernama Moxie, alat yang melekat di tubuh Perseverance dan mampu memanfaatkan sumber daya di Mars untuk jadi oksigen. Moxie sendiri diketahui mampu menciptakan oksigen seberat lima gram.

Moxie mengambil lapisan tak terlebur di Mars, sebuah zat yang Anda temukan di tanah, lalu mengolahnya menjadi struktur besar atau mengambil karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen,” kata Direktur Pembuktian Teknologi NASA, Trudy Kortes.

Read more:

NASA
Voice of America

Dengan oksigen sebanyak itu, setidaknya para astronot yang menginjakkan kaki di sana mampu bernapas selama 10 menit.

Moxie bukan hanya instrumen pertama untuk memproduksi oksigen di planet lain,” lanjutnya.

Namun, Moxie hanyalah percobaan apakah oksigen bisa dibuat di Mars. Jadi tidak perlu membawa-bawa oksigen dari Bumi.

NASA pun berharap nantinya para astronot bisa membawa alat pembuat oksigen ke planet merah tersebut. Tujuannya untuk menghasilkan oksigen lebih banyak dan manusia mampu bertahan lebih lama di sana.

Kondisi Planet Mars

NASA - Mars
Insider

Misi menciptakan kehidupan manusia di Mars tentu perlu persiapan yang matang. Salah satunya adalah oksigen yang menjadi faktor utama manusia hidup.

Selain itu, oksigen juga jadi bagian penting dari mekanisme kimia untuk mengoperasikan sebuah roket. Oksigen sederhana mampu menciptakan daya dorong untuk membakar bahan bakar.

Sementara itu, kondisi atmosfer planet Mars sendiri didominasi oleh karbon dioksida dengan konsentrasi 96 persen. Sementara itu oksigen yang ada di sana hanya 0,13 persen – di mana konsentrasi oksigen di Bumi saja mencapai 21 persen.

_

Apakah Lo tertarik pindah ke Mars? 

close

NASA Berhasil Ciptakan Oksigen di Mars?

Search
close