Orang-Orang Filipina ‘Nambang’ Crypto dengan Main Game NFT, Gimana Caranya?

Orang-Orang Filipina 'Nambang' Crypto dengan Main Game NFT, Gimana Caranya?
access_time 2 bulan yang lalu

Saat pandemi kian melanda Filipina, orang-orang dari kota Cabanatuan di utara Manila punya cara unik untuk mengatasi masa sulit ini, yaitu dengan main video games.

Tentunya, permainan ini bukan cuma buat seru-seruan. Dari Game Axie Infinity buatan SkyMavis, para pemainnya bisa mendapatkan penghasilan dari NFT (nonfungible tokens) dan crypto. Kabar ini datang dari sebuah dokumenter berjudul ‘PLAY-TO-EARN‘.

Dokumenter 18 menit tadi bercerita tentang sekelompok orang Filipina. Mereka kehilangan pekerjaan gara-gara pandemi Covid-19 dan bisa mengatasinya dengan main Axie Infinity. Katanya, permainan itu bisa bikin para pemainnya menghasilkan paling banyak US$300 atau US$400 di beberapa minggu pertamanya.

Cara mereka mendapatkan uang dari game

Cara orang-orang filipina mendapatkan uang dari game
“Axies adalah sejenis nonfungible token, alias NFT”

Fenomena tentang game ini membludak musim panas lalu saat Coindesk merilis sebuah artikel tentang permainan yang bisa menghasilkan uang. Sekarang, sudah ada hampir 60.ooo orang yang memainkan Axie Infinity, mengutip CNBC.

Game imut bergaya kartun tersebut menjadikan items di dalamnya sebagai NFT. Pemain bisa memperoleh mata uang virtual yang mereka namakan ‘Smooth Love Potion‘. Kemudian, cryptocurrency ini bisa mereka konversikan jadi uang sungguhan.

Ternyata, menurut cerita orang-orang Filipina di dokumenter itu, penghasilan yang kelihatannya tidak seberapa bisa membantu biaya hidup mereka sehari-hari.

Kisah orang-orang Cabanatuan, Filipina

Orang-Orang Filipina 'Nambang' Crypto dengan Main Game NFT
Art Art dalam dokumenter Play-to-Earn

Awalnya, aku gak yakin kalau game ini bisa menghasilkan uang dengan bermain. Tapi aku coba.” Ujar Art Art, salah satu pemain dalam dokumenter itu. “Gara-gara pandemi, kami kesulitan mencari uang. Makanya (game) ini tersebar di kora Cabanatuan.” 15 hari pertamanya bermain, ia mendapatkan sekitar US$20.

Katanya, di gangnya saja, lebih dari 100 orang memainkan game itu. Mereka bisa menghasilkan sampai beberapa ratus dolar sebulan. Angka ini bisa melebihi UMR orang-orang Filipina.

Selain Art Art, ada juga sepasang suami istri tua, Lola Vergie, dan Lolo Severio. Walaupun mereka punya warung kecil di rumahnya, Axie Infinity bisa lumayan membantu perekonomian mereka sehari-hari. Lumayan, buat beli obat-obatan.

Baca juga:

close

Orang-Orang Filipina ‘Nambang’ Crypto dengan Main Game NFT, Gimana Caranya?

Search
close