Penerbangan Jakarta-Wuhan Kembali Dibuka!

access_time 5 bulan yang lalu

Setelah ditutup setahun, jalur penerbangan dari Jakarta menuju Wuhan kembali dibuka. Langkah ini tentu membuat banyak orang heran apakah kota tersebut sudah aman dan siap menerima kedatangan warga asing di kawasannya.

Wuhan sendiri diduga jadi kota asal kemunculan Covid-19, sehingga semua negara langsung menghentikan akses masuk ke lokasi tersebut. Lantas maskapai apa yang membuka kembali jalur ini?

Lion Air Buka Jalur Penerbangan Jakarta-Wuhan

Penerbangan Jakarta-Wuhan
Indoposco

Rupanya, dibukanya jalur penerbangan Jakarta-Wuhan dilakukan oleh maskapai Lion Air. Mereka melayani penumpang pada jalur tersebut hanya setiap hari Senin.

Lion Air melakukan penerbangan di rute tersebut menggunakan pesawat jenis Boeing 737-900. Dengan nomor penerbangan JT-2619, pesawat ini terbang dari Jakarta pukul 06.20 WIB dan estimasi tiba di Wuhan pukul 12.25 WIB.

Read more:

Kemudian di jalur sebaliknya, nomor penerbangan berubah menjadi JT-2618. Berangkat dari Wuhan pukul 15.10 waktu setempat dan tiba di Jakarta pukul 20.20 WIB.

Ternyata, penerbangan menuju Wuhan tidak hanya dilakukan Jakarta. Rute tersebut juga sudah mulai dibuka dari Seoul, Singapura, dan Pakistan.

Ada 3 Kota di Dunia yang Ditangguhkan

Penerbangan Jakarta-Wuhan
Sam Chui

Sebenarnya, Wuhan sendiri juga telah membuka jalur penerbangan internasional mereka. Namun, Badan Penerbangan Sipil China (CAAC) telah menangguhkan tiga kota di dunia karena ada penumpangnya yang positif Covid-19.

Tiga penerbangan yang dikenai sanksi itu adalah Xiamen Airlines (Manila-Xiamen), KLM (Amsterdam-Hangzhou), dan Kenya Airways (Nairobi-Guangzhou).

Apakah Wuhan Sudah Aman dan Siap?

Penerbangan Jakarta-Wuhan
Unsplash

Dalam beberapa bulan terakhir, Wuhan menunjukkan kemajuan dalam menghadapi pandemi ini. Tingkat penyebaran Covid-19 di kawasannya sudah mulai mereda dan berbagai aktivitas juga telah dijalankan.

Tampaknya mereka juga sudah siap akan segala fasilitas yang mendukung untuk mengantisipasi kembali adanya penyebaran Covid-19 di kotanya. Meski begitu, belum ada keterangan lebih lanjut bagaimana persiapan Wuhan dalam menerima kedatangan warga asing.

Tidak hanya itu, Divisi Penumpang Internasional Pelayanan Bandara Wuhan juga telah menyediakan tempat untuk melayani terkait visa penumpang asing.

Karena banyak juga pekerja imigran China yang tidak familiar dengan telepon selular, pihak bandara juga telah membentuk tim khusus untuk memandu penumpang menyampaikan barang bawaannya kepada bea cukai secara daring.

_

Tertarik pergi ke Wuhan?

close

Penerbangan Jakarta-Wuhan Kembali Dibuka!

Search
close