ūüĎę Posesif Adalah dan Fakta Lain di Dalamnya

access_time 4 minggu yang lalu

Di setiap hubungan percintaan, pasti ada beberapa masalah yang tidak dapat dipisahkan. Seperti pengekangan yang bikin banyak orang pusing kepala. Untuk itu, kali ini artikel USS Feed bakal membahas mengenai posesif adalah dan berbagai fakta yang ada di dalamnya. Yuk kita simak sama-sama ulasannya. 

  • Pengertian posesif adalah¬†

posesif adalah
Via: Suara

Pertama-tama, dibahas dulu mengenai pengertian dari posesif. Jadi, posesif adalah sebuah sifat negatif yang berada dalam suatu hubungan. Di mana seseorang akan mengekang pasangannya untuk melakukan apapun itu. Baik berhubungan dengan lawan jenis, teman, dan bahkan ada juga yang melarang berkomunikasi bersama saudara. 

Hal ini pun akan membuat si pasangan merasa risih dan tersiksa di dalam hubungannya sendiri. Namun kebanyakan orang masih bertahan dalam hubungan ini karena dengan alasan masih sayang terhadap pasangannya. Kamu yang mendengar, pasti sudah kesal dengan hal tersebut. Akan tetapi, siapa saja tidak bisa membantu masalah tersebut kecuali dirinya sendiri yang ingin keluar dari lingkaran setan tersebut. 

  • Perbedaan posesif dan cemburu

Mungkin banyak yang menganggap kalau cemburu dan posesif adalah suatu hal yang sama. Padahal, keduanya mempunyai perbedaan. Lebih jelasnya bisa dilihat di bawah ini.

– Adanya batasan

Via: HaloDoc

Perbedaan pertama adalah terdapat batasan. Jika cemburu, pasangan hanya ngambek ketika kekasihnya jalan dengan lawan jenis. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar lantaran mereka sudah memiliki keterikatan. Beda halnya dengan posesif yang membuat batasan yang cenderung berlebihan untuk pasangannya. Contohnya saja seperti tidak boleh ngobrol dengan lawan jenis, tidak boleh komunikasi, dan larangan-larangan lainnya yang tidak masuk akal.

РTerdapat aturan 

Via: Grid ID

Dalam aturan, sikap cemburu dan posesif memiliki perbedaan. Jika cemburu, mereka hanya menyuruhmu untuk memberi kabar atau aturan ringan lainnya. Sementara posesif, ia akan memberikan banyak sekali aturan yang cukup ketat, sehingga seringkali membuat kamu tidak bisa bergerak sama sekali. Misalnya harus cepat balas chat, tidak boleh makeup berlebihan, dan lain sebagainya.

  • Ciri orang yang posesif adalah¬†

Ada sejumlah ciri dari seseorang yang sudah berlaku posesif. Berikut adalah contohnya. 

РCemburu berlebihan 

posesif adalah
Via: The Asian Parent

Ciri pertama yang paling sering terlihat yaitu cemburu berlebihan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, orang tersebut akan cemburu kepada siapa saja yang dekat dengan pasangannya. Baik teman maupun saudara dari si pasangan. Bahkan, sifat cemburu ini juga bisa mengganggu privasi pasangannya. Contohnya saja seperti memeriksa media sosial, mengangkat telepon yang seharusnya diangkat oleh pasangannya, dan masih banyak lagi. 

РKerap mengancam pasangan 

posesif adalah
Via: Suara

Ada lagi ciri lainnya yakni sering mengancam pasangannya apabila tidak menurut. Ia bisa mengancam untuk bunuh diri atau hal-hal berbahaya lainnya. 

РSelalu mengontrol 

posesif adalah
Via: Hipwee

Kemudian ada selalu mengontrol pasangannya. Di mana ia akan mendeteksi ke mana kekasihnya pergi. Bisa saja dengan mengharuskan pacarnya untuk menghubunginya setiap waktu, menginstal aplikasi mata-mata di ponsel pasangan, dan cara mengerikan lainnya. 

РSangat tidak menghargai pasangannya 

posesif adalah
Via: Kompas

Sifat lain yang tidak bisa dipisahkan dari posesif ini adalah tidak menghargai pasangannya. Seperti bertindak kasar,  panggilan tidak sopan, dan perkataan yang sangat menyakitkan. Hal ini dilakukan supaya menurunkan rasa percaya diri dari pasangannya. 

РEmosi yang tidak stabil 

posesif adalah
Via: SehatQ

Terakhir adalah emosinya sangat tidak stabil. Ia akan mudah marah ketika melihat pasangannya melakukan hal yang tak dia suka. Tak jarang juga, ia bisa melakukan kekerasan terhadap pasangannya jika sudah terlampau marah. 

  • Penyebab posesif adalah¬†

Mengekang pasangan ternyata ada beberapa penyebabnya. Ini dia sejumlah faktornya. 

РTrauma masa lalu 

posesif adalah
Via: Tribun Style

Penyebab pertama adalah trauma masa lalu yang pernah ia alami. Contohnya seperti ia pernah mencintai seseorang, tapi malah ditinggalkan karena suatu masalah. Bisa saja karena masalah fisik atau sudah bosan. Hal ini tentu membuatnya trauma dan akhirnya menjadi posesif kepada pasangannya yang sekarang. 

РRasa cemburu yang berlebihan 

posesif adalah
Via: CNN Indonesia

Kemudian ada rasa cemburu yang berlebihan. Ia bersikap seperti ini karena takut kehilangan pasangannya yang sangat berlebihan. Padahal, rasa cemburu seperti ini bisa membuat pasangannya tidak betah dalam hubungannya. 

  • Cara menghilangkan sifat ini pada diri sendiri¬†

Sifat posesif ternyata bisa dihilangkan dari diri sendiri. Apabila kamu merasa mempunyai sifat ini, yuk hilangkan caranya. 

РMelupakan masa lalu 

posesif adalah
Via: Tribunnews

Kamu bisa menghilangkan posesif dengan cara melupakan masa lalu. Pasangan yang sekarang sedang bersamamu saat ini sudah pasti berbeda dengan mantanmu. Cukup jalani hubungan yang menyenangkan dan lupakanlah mantan yang telah membuatmu sakit. 

РJangan memupuk ketakutanmu 

posesif adalah
Via: LINE Today

Ketakutan kamu yang berlebihan justru membuat pasanganmu semakin tidak nyaman. Kamu harus mencoba untuk memberikan kepercayaan pada pasangan tentang masalah apapun. Sebab, jika ia sayang kepadamu, ia tidak akan pernah untuk menyakiti kamu. 

РHilangkan rasa cemburu berlebihan 

poseif adalah
Via: Tribunnews

Selain rasa takut, cemburu juga sering menggerogoti hati para pribadi yang posesif. Maka dari itu, coba hilangkan rasa cemburu dengan mengenal semua orang terdekatnya. Siapa tahu, mereka juga bisa menjadi sahabatmu di kemudian hari. 

РJangan mengubah pasangan 

posesif adalah
Via: 123RF

Lalu, hilangkan perasaan untuk mengubah pasangan kamu. Memang niat kamu baik, tapi akan lebih baik lagi untuk menerima pasangan dengan apa adanya, baik kelebihan maupun kekurangannya. 

  • Cara menghadapi pasangan pengekang¬†

Kalau kamu punya pacar yang posesif, berikut adalah cara menghadapinya. 

РMengatakan dengan jujur bahwa kamu tidak suka dengan sikapnya 

posesif adalah
Via: HelloSehat

Kamu yang sudah tak nyaman, segera bicarakan hal ini kepada pasangan. Bicarakanlah secara baik-baik dan hindari menjelaskannya dengan emosi yang berapi-api. Dengan seperti ini, kemungkinan ia akan jauh lebih mengerti dan bisa introspeksi diri. Jika kamu menjelaskan dengan marah-marah, ia bisa jauh lebih kejam dan menjadikannya lebih posesif lagi. 

РMencari tahu apa penyebabnya 

posesif adalah
Via: Tips pengembangan diri

Ingatlah bahwa sikap mengekang seperti ini ada faktor penyebabnya. Oleh karena itu, segera cari tahu mengapa ia begitu posesif sekarang. Jika ia seperti ini karena trauma masa lalu, coba jelaskan secara baik-baik agar dirinya bisa mengerti. 

Demikianlah informasi mengenai posesif adalah sampai dengan cara menghadapi pasangan yang suka mengekang. Pada intinya, sikap seperti ini harus dijauhi karena bisa menyiksa pasangan dan membuatnya semakin tidak betah untuk menjalani hubungan. Jadi, jangan sampai deh kamu punya pasangan seperti ini atau kamu yang memiliki sifat mengekang tersebut. 

close

ūüĎę Posesif Adalah dan Fakta Lain di Dalamnya

Search
close