Poster UI Viral di Medsos Mirip Poster Sinetron, Bikinnya Serius!

Poster UI Viral di Medsos Mirip Poster Sinetron, Bikinnya Serius!
access_time 4 bulan yang lalu

Bukan sekadar ucapan selamat datang buat para MaBa UI (Universitas Indonesia) jalur SBMPTN, poster ‘memeable‘ ini viral bikin warganet heboh.

Gak seperti poster-poster sejenis pada umumnya, akun resmi @univ_indonesia memposting ucapan selamat datangnya dengan gaya ala poster sinetron tv lokal.

Tentunya, gambar sejumlah mahasiswa berjaket kuning dengan latar langit biru dan awannya langsung jadi perbincangan hangat di jagat maya. Gak sedikit juga yang menyamakannya dengan ilustrasi kematian dan surga.

Desain amatir, pemasaran sukses?

Perkara poster UI yang tak lazim ini, para netizen jadi terbagi ke dua kubu pro dan kontra. Sebagian orang punya pandangan miring dan menganggap desain poster ini buruk.

Apalagi, pengerjaannya pun kelihatan amatir dan tidak begitu rapi. Ya, intinya poster seperti itu tak pantas bagi kampus ‘sekelas UI’. Selain itu, tentunya postingan tersebut juga diserbu khalayak desainer yang mengkritik berbagai aspek dalam posternya.

Faktanya, tagar #SekelasUI pun merajai trending topic di Twitter. Poster bergaya meme amatir ini jadi viral, mencuri perhatian banyak orang.

Poster UI yang viral ini bikinnya serius

Poster UI Viral di Medsos Mirip Poster Sinetron, Bikinnya Serius!
via Tenor

Ternyata, poster yang kelihatan ‘guyon’ sengaja mereka buat seperti itu.

Melansir Kompas, Kepala Kantor Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Amelita Lusia mengatakan kalau unggahan mereka itu sudah mereka rencanakan dengan matang.

Bahkan, perencanaannya lebih panjang dan matang daripada poster-poster terdahulu yang mereka unggah secara rutin ke media sosial UI.

Memang sudah kami rencanakan. (Poster) kami kelihatannya tidak serius, tapi kami mengerjakannya dengan serius. Kami bikin ini dengan riset dan rapat yang cukup panjang untuk membahas ini,” katanya kepada Kompas.

Sengaja bikin meme

Poster UI Viral di Medsos Mirip Poster Sinetron, Sengaja bikin meme
via Giphy

Katanya, walaupun desain poster ini tak lazim, ini cuma strategi komunikasi dari UI.

Berbagai pertimbangan pun sudah mereka lewati untuk meluncurkan gambar dengan desain meme seperti ini. Kata Amelita, ini pertama kalinya mereka membuat konten seperti itu.

Salah satu yang jadi pertimbangan adalah target audience-nya yang notabene gen-Z yang terbiasa dengan kultur internet, termasuk meme.

Mahasiswa sekarang memang berbeda cara mereka mengonsumsi konten,” jelasnya.

Gambarnya cocok dikasih judul apa, ya?

Baca juga:

close

Poster UI Viral di Medsos Mirip Poster Sinetron, Bikinnya Serius!

Search
close