PSBB Bogor dan Bekasi Juga Ikut Diperpanjang!

cianjurekspres.net
access_time 2 tahun yang lalu

Pemerintah Bogor dan Bekasi kompak perpanjang PSBB hingga sebulan kedepan!

Tak lama perpanjangan masa PSBB Jakarta diumumkan Gubernur Anies Baswedan, dua wilayah lain menyusul dengan kebijakan yang sama; Bogor dan Bekasi.

View this post on Instagram

Alhamdulillah, berbagai parameter tunjukkan penularan wabah di Jakarta melandai, walau masih jauh dari bisa dibilang tuntas.⁣ ⁣ Dengan diterapkannya #PSBBTransisi mulai hari ini 5 Juni 2020, kegiatan ibadah berjamaah boleh kembali dilakukan di rumah ibadah, dengan tetap harus ikuti protokol kesehatan secara ketat.⁣ ⁣ Ingat, kegiatan ibadah berjamaah tanpa memperhatikan protokol kesehatan di berbagai daerah dan negara sering menjadi salah satu sumber kluster penularan COVID-19. Kita tentu tidak mau kembali ke masa-masa di mana kegiatan ibadah berjamaah terpaksa dilarang sepenuhnya.⁣ ⁣ Oleh karena itu, perhatikan dan taati benar-benar protokol kesehatan di Rumah Ibadah:⁣ -Jumlah peserta ibadah maksimal 50% dari kapasitas.⁣ -Menerapkan jarak aman (1 m) antar orang.⁣ -Mencuci tempat kegiatan dengan disinfektan sebelum dan setelah kegiatan.⁣ -Setelah tempat ibadah dipakai untuk kegiatan rutin, ditutup kembali.⁣ ⁣ Bagi Masjid/Musholla:⁣ -Tidak menggunakan karper/ permadani, setiap jamaah harus membawa sendiri sajadah/alat sholat.⁣ -Penitipan alas kaki ditiadakan, setiap jamaah harus membawa sendiri kantong/tas dan membawa masuk alas kakinya masing-masing.⁣ ⁣ Mari laksanakan dengan disiplin oleh pengurus rumah ibadah dan warga Jakarta yg akan beribadah, saling mengingatkan antar jamaah, dan kita semua berharap bisa melewati transisi fase pertama ini dengan baik.⁣ ⁣ Semoga Allah SWT melindungi kita semua.

A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Berbeda dengan Gubernur Anies Baswedan yang tidak memberikan keterangan jelas mengenai tanggal akhir PSBB yang definitif, pemerintah Bogor dan Bekasi kompak menetapkan waktu perpanjangan selama 1 bulan.

Perpanjangan PSBB Bogor akan fokus pada aspek edukasi

Menurut Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, perpanjangan PSBB selama sebulan kedepan ini adalah PSBB proporsional pada masa transisi, tapi penerapannya agak berbeda dengan PSBB pertama hingga ketiga.

Source: Liputan 6

Pada PSBB proporsional di masa transisi selama sebulan ke depan ini akan dilakukan penguatan pada aspek-aspek edukasi dan wilayah.

Dalam forum rapat, Forkopimda mengusulkan, sangat penting untuk menguatkan wilayah, mulai dari RT, RW, kelurahan hingga kecamatan,” katanya.

Untuk melancarkan kebijakan ini, pihak pemerintah Bogor pun akan bekerja sama dengan tim pakar epidemiologi.

View this post on Instagram

Hasil dari Rapat Forkopimda di balaikota: 1. Data Covid-19 di kota Bogor terus menunjukan tren yang baik. Angka Reproduksi efektif (Rt) per 3 Juni 2020: 0,5. 2. Kondisi di lapangan masih banyak pelanggaran protokol kesehatan di sektor yang sudah dibuka seperti toko dan rumah makan. 3. Akan memperkuat pengawasan dan edukasi protokol kesehatan di lapangan. 4. Melanjutkan PSBB transisi dengan kebijakan proporsional selama satu bulan dengan penekanan kepada pengawasan berbasis wilayah , Kelurahan, RT & RW siaga. 5. Proporsional berarti ada kebijakan untuk membolehkan bidang tertentu kembali dibuka atas dasar porsi yang ditentukan berdasarkan status Tingkat kewaspadaan Kota Bogor dari Provinsi Jawa Barat. 6. Mempersiapkan protokol Kesehatan yang akan jadi acuan bagi bidang-bidang prioritas yang akan dibuka secara bertahap dalam waktu satu bulan ini.

A post shared by Bima Arya (@bimaaryasugiarto) on

Perpanjangan PSBB Bekasi

Sementara itu, Pemerintah Kota Bekasi akan memeperpanjang PSBB jilid V selama 28 hari, dari tanggal 5 Juni hingga 2 Juli.

Setidaknya ada dua pertimbangan utama di balik keputusan Pemkot Bekasi tersebut; tren kasus COVID-19 yang belum melandai, hingga adaptasi masyarakat menuju era tatanan hidup normal baru (The New Normal).

View this post on Instagram

Transisi New Normal dengan terus patuhi PSBB di Kota Bekasi. Harapan kita semua untuk dapat menjalankan kembali aktivitas seperti biasa akan tetapi standar yang sangat ketat dengan protokol kesehatan yang ditentukan, ini untuk kebaikan kita semua. Fasilitas kesehatan mencukupi baik Rapid Test atau PCR – Swab di ruang isolasi dan mentracking keluarga ataupun tetangga terdekat. RW siaga diperketat untuk para jemaah yang ingin solat berjamaah dan tidak ada masuk warga lain dari beda wilayah. Sistem New Normal ini akan berjalan dengan lancar setidaknya kita harus patuhi protokol kesehatan tersebut, tetap jaga jarak dan wajib gunakan masker. Ayo warga pahami dengan cerdas.. #newnormal #kotabekasi #covid19

A post shared by Rahmat Effendi (@bangpepen03) on

Dalam prosenya, fasilitas pelayanan masyarakat pun akan dibuka secara bertahap.

Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tegas kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi alias Pepen, Kamis 4 Juni 2020.

Dengan adanya peraturan ini, Pepen pun berharap agar seluruh masyarakat yang berdomisili ataupun beraktivitas di Kota bekasi akan patuh dengan aturan PSBB yang berlaku.

Masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran wabah Corona,” imbuhnya.

View this post on Instagram

Stadion Patriot Candrabhaga yang kini menjadi titik pusat lokasi Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kota Bekasi. Sudah 3 bulan, Pemerintah Kota Bekasi memfokuskan dalam penanganan Covid 19 disini. Untuk koordinasi cepat, Saya juga memindahkan kantor disini agar taktis dan sigap. Penyediaan tes Rapid Test yang disediakan Dinas Kesehatan Kota Bekasi berada di Gate 13 Tidak hanya itu, saat ini untuk sebuah koordinasi 3 Pilar, Kapolres Metro Bekasi Kota dan Komandan Kodim 0507 Bekasi juga membuat satgas disiplin untuk para personel nya disini. Terima kasih juga untuk para staf yang telah rela membersihkan tiap harinya, dan petugas yang senantiasa menjaga dalam wabah ini. #lawancovid19 #stadionpatriotbekasi #kotabekasi #covid19

A post shared by Rahmat Effendi (@bangpepen03) on

Pembukaan fasilitas publik secara bertahap

Perlu lo ketahui pula, pemerintah sudah merencanakan pembukaan fasilitas publik secara bertahap lewat beberapa fase.

Social Distancing GIFs - Get the best GIF on GIPHY

Source: Giphy

Setelah pembukaan industri dan jasa sejak 1 Juni lalu, fase kedua akan gelar dengan pembukaan mall dan lokasi perbelanjaan lainnya pada tanggal 8 Juni mendatang.

Seiring waktu, pembukaan fasilitas lain seperti sekolah dan tempat ibadah akan dibuka, hingga memasuki fase evaluasi pada bulan Agustus dengan harapan kegiatan ekonomi sudah beroperasi dengan normal.

close

PSBB Bogor dan Bekasi Juga Ikut Diperpanjang!

Search
close