Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sanksi KPI atas Spongebob Squarepants, Sampai di Sorot Media Asing

Media asing sorot Spongebob Squarepants di indonesia, setelah  keputusan KPI yang diduga mengandung unsur kekerasan.

World of Buzz media asal Negeri Jiran tersebut membuat artikel menyebut bahwa Indonesia menganggap SpongeBob sebagai pengaruh buruk karena di dalam filmnya mengandung unsur kekerasan.

Indonesia Says Spongebob is Bad Influence and Labelled the Movie As Violent,” tulis World of Buzz pada bagian judul artikel tersebut.

Media tersebut mengutip laporan dari The Jakarta Post bahwa film kartun SpongeBob SquarePants mengandung unsur kekerasan dimana diantaranya

  • Memukul muka dengan menggunakan papan,
  • Menjatuhkan bola bowling di atas kepala,
  • Melemparkan palu,
  • Melemparkan pot berisi kaktus dengan menggunakan raket.

Selain itu, ada juga episode yang diputar pada 22 Agustus 2019 lalu juga dianggap menampilkan adegan kekerasan, yaitu melemparkan kue serta memukul orang lain menggunakan kayu.

“KPI menyebut film pemenang Emmy ini melanggar Pasal 14 tentang Pedoman Perilaku Penyiaran di mana stasiun televisi harusnya memperhatikan kepentingan anak dalam setiap aspek produksi siaran,” tulis World of Buzz.

Netizen Instagram khususnya Malaysia memberikan tanggapan mengenai keputusan KPI mengsanksi film kartun tersebut. Banyak diantara menyindir asap karhutla yang ternyata sampai kenegeri Malaysia ini.

Sebelumnya SpongeBob SquarePants ini memang dikenakan sanksi akibat adegan-adegan yang mengandung unsur kekerasan. Check the news here