Spotify Covid-19 Music Relief, Langkah Spotify Dukung Musisi Saat Pandemi

access_time 2 tahun yang lalu

Pandemi virus Corona yang sedang terjadi di seluruh dunia saat ini sangat berdampak terhadap seluruh aspek kehidupan manusia, salah satunya industri musik. Karena kehadiran virus ini, banyak musisi yang kehilangan panggungnya sebulan kebelakang.

Karena pandemi ini juga, membuat kita perlu mengambil langkah untuk physical distancing dan lockdown yang mengharuskan kita jaga jarak untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Mau tidak mau hal ini mengubah cara kita untuk menawarkan dan mengonsumsi musik.

Industri musik dikenal sebagai industri yang gotong royong, makanya tak heran bila pelaku dan penikmat musik saling bergandengan tangan dalam menghadapi krisis ini. Salah satu contoh nyata yang sudah terjadi adalah “Konser Musik #dirumahaja” yang diadakan oleh Narasi TV. Walaupun hanya terbatas dengan live streaming, tapi pelaku dan penikmat musik bisa saling berkontribusi hingga bisa mengumpulkan donasi lebih dari Rp 10 miliar.

Proyek Spotify Covid-19 Music Relief

Source: Spotify

Salah satu platform streaming terbesar di dunia, Spotify telah meluncurkan program Spotify Covid-19 Music Relief yang akan merekomendasikan organisasi-organisasi terpercaya untuk menawarkan bantuan finansial kepada pelaku musik yang membutuhkan di seluruh dunia. Adapun mitra awal program ini seperti MusiCares, PRS Foundation, dan Help Musician yang telah menerima donasi dari Spotify sebesar USD 10 juta untuk diselaraskan kepada pelaku musik.

Selain dari mitra, Spotify juga mengembangkan fitur dimana setiap musisi bisa mengumpulkan dana (fundraising) secara langsung dari penggemar di masa pandemi ini. Bila program tersebut sudah berjalan, setiap musisi bisa mengajak para pendengarnya ke destinasi penggalangan dana pilihan mereka.

Spotify dukung musisi untuk tetap produktif berkarya

Merujuk pada Spotify Creator Tools, pihak Spotify akan terus mendukung para musisi untuk tetap produktif berkarya. Dalam creator tools ini, para musisi akan disediakan Soundtrap untuk merekam audio, SoundBetter yang tidak akan mengambil bagian dari pendapatan musisi di platform ini, dan Anchor yang tidak mengambil profit dari fitus Listener Support mereka.

Tentunya dengan berbagai platform naungannya ini, sangat membantu para musisi untuk tetap mendapatkan penghasilan selama masa pandemi ini.

_

Upaya memerangi virus Corona terhadap industri musik ini memang butuh campur tangan banyak orang di dalamnya. Besar harapan inisiatif yang dilakukan Spotify ini bisa membantu musisi tanah air untuk tetap bertahan dan termotivasi untuk tetap berkarya di masa sulit seperti ini.

close

Spotify Covid-19 Music Relief, Langkah Spotify Dukung Musisi Saat Pandemi

Search
close