Tol Tertinggi Dunia Sampai ‘Atas Awan’, Begini Faktanya!

Tol Tertinggi Dunia Sampai 'Atas Awan', Begini Faktanya!
access_time 2 bulan yang lalu

Tol tertinggi dunia ternyata ada di China. Yup, negara ini lagi-lagi membangun infrastruktur yang mencengangkan.

Jalan tol ini membentang antara kota Nagchu hingga Lhasa. Menurut laporan dari China Daily, jalanan yang ‘menembus awan’ ini sudah beroperasi sejak pada Sabtu, 21 Agustus.

Pembukaan bagian akhirnya sepanjang 227 km antara Nagchu san Yangbajain, menurut Menteri Transportasi China. Sebelum ini, jalan tol Yangbajain – Lhasa sudah beroperasi untuk lalu lintas pada Oktober 2020.

Tol Tertinggi di Dunia, lebih dari 4.500 mdpl

Tol Tertinggi Dunia Sampai 'Atas Awan', Begini Faktanya!
via Giphy

Tol tertinggi di dunia ini punya tinggi rata-rata lebih dari 4.500 meter di atas permukaan laut.

Tak hanya menghubungkan Nagchu dan Lhasa, jalanan ini juga menghubungkan Beijing dan Lhasa, serta satu-satunya jalan tol pertama yang menghubungkan Lhasa dengan padang rumput di Tibet Utara.

Selain itu, tol tertinggi ini jadi salah satu jalan lintas negara, China-Nepal. Sebelum ini, jalan penghubung dua negara biasa disebut Jalan Persahabatan China-Nepal, yang panjangnya 806 km, berujung di perbatasan Nepal antara Zhangmu dan Kodari.

Jadi bagian penting dari infrastruktur

Tol Tertinggi Dunia Sampai 'Atas Awan', Begini Faktanya!
Photo: Xinhua

Beroperasinya tol baru tertinggi ini bakal mempersingkat perjalanan antara kota Lhasa dan Nagchu dari yang tadinya 6 jam, jadi hanya 3 jam.

Ini akan secara signifikan memperbesar kapasitas transportasi dan meningkatkan keamanan koridor yang menghubungkan TIbet dan Provinsi Qinghai di China Barat Laut,” kata pejabat Kementerian Transportasi China, mengutip CNBC.

Karena ketinggiannya yang melampaui 4.500 mdpl, tol ini juga jadi jalan bebas hambatan pertama yang emnghubungkan Lhasa dengan Tibet Utara.

Dibangunnya jalanan ini adalah langkah infrastruktur yang penting, terutama bagi saluran utama pembukaan dengan Asia Selatan, termasuk Nepal.

Baca juga:

close

Tol Tertinggi Dunia Sampai ‘Atas Awan’, Begini Faktanya!

Search
close