🙏 9 Ucapan Terima Kasih dengan Cara Istimewa dan Hangat

By
access_time 2 minggu yang lalu

Tiga hal yang penting dalam komunikasi adalah ‘tolong’, ‘maaf’ dan ucapan terima kasih. Meski kelihatan sederhana namun sangat bermakna.

Di zaman semodern apapun, etika dan norma sangat kita butuhkan dalam pergaulan. Bahkan ungkapan maaf dan terima kasih itu bisa kita lakukan melebihi sebuah ucapan dari mulut. Kali ini kita akan bahas bagaimana mengungkapkan rasa terima kasih dengan beragam cara dan ekspresi.

Ucapan terima kasih dalam bentuk imbalan

Sumber: Edmonton Food Bank

Pernah kehilangan barang yang sangat penting dan tiba-tiba seseorang menemukannya? Bahkan lebih dari itu, ia dengan jujur dan besar hati mengembalikannya meskipun tahu bahwa barang tersebut berharga atau bernilai. Biasanya, kita ingin mengucapkan lebih dari terima kasih.

Cara yang paling umum adalah memberikan imbalan. Biasanya dalam bentuk sejumlah uang atau sebagian dari barang yang ia temukan tersebut bila memungkinkan. Ini merupakan salah satu balas jasa yang mudah tanpa mengurangi esensi menghormati orang tersebut.

Melakukan pekerjaan rumah

Sumber: The Economic Times

Cara yang satu ini cocok sekali buat keluarga atau pasangan. Misalnya karena tahu kalau orang tua sudah bekerja keras, atau pasangan kita capek kerja buat kehidupan bersama, kita bisa bantu dengan melakukan pekerjaan rumah yang biasa ia lakukan. Sesederhana cuci piring, membereskan ruangan, nyuciin baju dan menyetrika, it’s a love language.

Membantunya saat sedang kesulitan

Kadang ada sebuah kebaikan yang rasanya nggak cukup hanya dengan ucapan terima kasih. Misalnya orang yang menyelamatkan kita dari bahaya dan menolong kita saat sakit parah atau musibah. Karena kesehatan dan nyawa itu penting banget bukan?

Coba ingat namanya dan jalin silaturahmi dengannya. Sehingga saat suatu waktu kita bisa membantunya baik untuk hal kecil atau karena ada masalah yang pelik, kita bisa membalas kebaikannya yang dulu. Karena begitulah dulu semesta menolong kita, dengan menggerakkan manusia lainnya karena kita ini makhluk sosial.

Memberikan masakan buatan sendiri

Memberikan makanan kesukaan orang tersebut yang kita buat sendiri, menjadi salah satu cara membalas kebaikan mereka. Misalnya karena kemarin tetangga kos atau tetangga rumah sempat membantu kita saat ada masalah, lantas kita buatkan cemilan kesukaan mereka, ini adalah cara kita mengucapkan lebih dari terima kasih.

Bahkan, sesederhana membuatkan semangkuk mie instant hangat pada rekan atau saudara yang sudah rela anterin kita pulang juga bisa jadi tanda terima kasih lho. Lagian, siapa sih yang bisa nolak nikmatnya mie instan?

Ucapan terima kasih dengan pelukan

Sumber: Cathopic

Cara ini bisa kita lakukan pada keluarga atau orang tersayang. Biasanya karena pertolongan atau kebaikan mereka benar-benar berdampak pada perasaan dan hidup kita. Pelukan merupakan bentuk kasih dan solidaritas yang bisa mempererat hubungan tersebut. Jangan lupa sampaikan kalau kita sayang pada mereka, sesuai dengan konteksnya ya.

Membuat appreciation post

Di zaman medsos seperti sekarang, ada kalanya kita ingin seluruh dunia tahu kebaikan orang tersebut. Lantas ada yang namanya appreciation post. Cara ini bisa kita gunakan lewat postingan di media sosial atau tulisan blog/website yang kita dedikasikan pada sosok tersebut. Misalnya menghargai jasa seorang guru yang profilnya biasa saja, tapi gara-gara beliaulah kita sampai pada titik puncak karir.

Meluangkan waktu sebagai ucapan terima kasih

Tidak semua orang mau memprioritaskan kita. Ketika mereka mau meluangkan waktu, hargailah hal tersebut. Di kesempatan lain, kehadiran kita sangat berarti. Misalnya karena ia pernah hadir di pernikahan, atau datang saat kita susah dan kesepian, balaslah hal tersebut dengan mampir atau silaturahmi secara online. Siapa tahu kali ini ia butuh teman dan sosok yang mau mendengarkan.

Mempersembahkan usaha terbaik kita

Jika kita ingin berterima kasih pada sosok yang berjasa dalam hidup, misalnya mereka yang membesarkan kita, membiayai, merekomendasikan kita studi atau bekerja di tempat tertentu, jangan menyia-nyiakan hal tersebut. Mereka mempertaruhkan sebagian hidup, serta waktu, biaya dan bahkan mungkin nama baik.

Memberikan barang yang ia butuhkan

Zaman sekarang orang sering saling kirim untuk memberi pada yang lainnya. Senang memang mendapatkan kejutan atau bingkisan yang tak diduga-duga.

Namun, yang bakal tak terlupakan adalah memberikan seseorang hal yang paling ia butuhkan atau inginkan. Bukan sekedar ia sukai. Contohnya: karena hampir setiap hari ayah mengantar kita sekolah, kuliah, bahkan bekerja. Dan kita tahu seiring bertambahnya usia, pendengaran ayah berkurang.

Rasanya, terima kasih saja tidak cukup ya membalas kebaikan ayah? Lantas kita menyisihkan sedikit demi sedikit penghasilan untuk membelikan alat bantu dengar, sekaligus konsultasi dengan THT. Ayah mungkin senang bila kita memberinya makanan kesukaan atau diam-diam menyelipkan sedikit penghasilan kita di sakunya. Tapi, ketika ia bisa mendengar dengan lebih baik, percayalah itu seperti secercah kabar gembira di usianya nan senja.

Itulah beberapa contoh menyampaikan ucapan terima kasih dalam beragam cara. Karena terkadang rasa tak cukup kita ungkapkan dengan kata, terima kasih pun perlu kita sampaikan dengan lebih istimewa. Semoga tips di atas bisa menjadi inspirasi ya.

close

🙏 9 Ucapan Terima Kasih dengan Cara Istimewa dan Hangat

Search
close