Efek Vaksin Covid-19 Bisa Ubah Orang Jadi Buaya? Siapa yang Bilang?

Vaksin Covid-19 Bisa Ubah Orang Jadi Buaya? Siapa yang Bilang?
access_time 12 bulan yang lalu

Dilontarkan oleh Presiden Brazil, pernyataan tersebut membuat heboh publik

Efek vaksin Covid-19 memang masih menjadi tanda tanya, namun keberadaan vaksin di satu sisi merupakan sebuah kemajuan. Belum lama ini, Jair Bolsonaro orang nomor satu Brazil membuat statement yang menghebohkan publik.

Pasalnya pria kontroversial tersebut mengatakan kalau vaksin covid-19 bisa merubah seseorang menjadi buaya. “Di dalam kontrak Pfizer, sangat jelas bahwa mereka tidak bertanggung jawab atas efek samping apapun. Jika Anda berubah menjadi buaya, jelas itu masalah Anda,” tuturnya seperti dilansir New York Post.

“Jika Anda menjadi manusia super, jika seorang wanita mulai menumbuhkan janggut atau jika seorang pria bicara dengan suara lembut. Mereka tidak akan ada hubungannya dengan itu,” tambah Bolsonaro merujuk pada vaksin Pfizer.

Sudah Kerja Keras tapi Dipandang Sebelah Mata? Tenang Lo Nggak Sendiri

Sembuh dari Covid-19, Bolsonaro tidak akan menerima vaksin

Pria yang sebelumnya sempat positif Covid-19 dan berhasil pulih ini, dalam beberapa kesempatan bersikeras menolak vaksinasi. Dia bahkan menegaskan bahwa setiap orang harus diberikan kebebasan dan diizinkan untuk menolak proses vaksinasi.

Saya memberitahu mereka bahwa saya sudah tertular virus, saya memiliki antibodi. Jadi kenapa saya harus divaksinasi,” pungkasnya.

Menyoal soal vaksinasi di negaranya, Jair Bolsonaro mengatakan bahwa dia akan menggratiskan vaksin Covid-19 bagi semua warga Brazil, namun tidak bersifat wajib. Mahkamah Agung Brazil sendiri telah memutuskan bahwa vaksin wajib dilakukan meski tidak bisa dipaksakan pada seseorang.

Entah apa yang dipikirkan Bolsonaro? Padahal, vaksin covid-19 yang dikembangkan Pfizer-BioNTech sudah menjalani uji klinis 3 fase di Brazil selama beberapa pekan.

Vaksin tersebut juga sudah digunakan baik di Amerika dan Inggris.

Emang agak kontroversial sih sosok presiden yang satu ini. Senadainya efek vaksin covid-19 bisa seekstrem itu sih ngeri juga.

 

 

close

Efek Vaksin Covid-19 Bisa Ubah Orang Jadi Buaya? Siapa yang Bilang?

Search
close