Ribuan warga Barcelona turun ke jalan lancarkan aksi protes soal overtourism

Ribuan warga lokal (warlok) Barcelona turun ke jalan untuk melancarkan aksi protes mengecam overtourism dengan menembakkan pistol air.

Overtourism sendiri sudah menjadi permasalahan menahun di Spanyol dan terparah terjadi di Barcelona.

Tembakkan pistol air ke para turis asing sambil teriakkan “turis pulanglah”

Euronews melaporkan ada sekitar 3.000 warga lokal Barcelona dan lebih dari 140 organisasi yang memenuhi jalanan Ibu Kota Spanyol pada Sabtu, 6 Juli 2024 lalu.

Ribuan warlok Barcelona berkumpul untuk melakukan aksi protes, salah satunya adalah dengan menembakkan pistol air kepada para turis asing.

Tak hanya menembakkan pistol air kepada para turis, warga lokal juga meneriakkan “turis pulanglah” kepada mereka.

Sejumlah pintu masuk restoran dan hotel ditutup secara simbolis karena aksi protes besar-besaran ini.

Barcelona jadi kota di Spanyol dengan jumlah kedatangan turis paling banyak tiap tahunnya

Ribuan wagra Barcelona menyerukan aksi sebelum musim panas datang.

Barcelona adalah kota di Spanyol dengan jumlah turis terbanyak, banyak dari mereka datang ke Spanyol menggunakan kapal pesiar.

Tiap tahunnya Barcelona menerima 12 juta orang dalam setahun dan menjadi kota di Spanyol yang paling banyak dikunjungi oleh turis.

Kenapa warlok segitunya sama persoalan overtourism?

Bukan tanpa alasan, aksi protes tersebut dilakukan warga lokal Barcelona karena permasalahan overtourism membuat mereka rugi.

Antara lain adalah memberikan tekanan pada layanan kesehatan, pengelolaan sampah dan limbah, peningkatan pasokan air dan masih banyak lagi.

Semakin meningkatnya jumlah turis asing yang membeludak juga akan menambah pembangunan properti yang semakin menggerus situs bersejarah, mengancam ekosistem dan sumber daya alam di Barcelona.


Let uss know your thoughts!