Acara Hiburan Anak Muda, Then and Now

Acara Hiburan Anak Muda, Then and Now
access_time 2 bulan yang lalu

Anak-anak Gen Z pasti nggak kebayang, hidup di zaman 80-an, dengan acara hiburan yang nggak selengkap sekarang. Nggak ada tv kabel, YouTube, apalagi TikTok. Ya iyalah, internet aja belum kayak zaman sekarang. 

Hari ini, tanggal 24 Agustus, ada salah satu saluran TV yang lagu ulang tahun. Can you guess? Yup, TVRI, channel TV pertama yang ada di Indonesia. Sejak tahun 1962 sampai 1989, TVRI jadi satu-satunya yang muncul di layar TV masyarakat pada masanya.

Penasaran nggak sih, gimana acara hiburan anak muda di zaman itu? 

Kali ini, USS Feeds ngerangkum berbagai acara TV yang dulu ngehits, dan perbandingannya sama zaman sekarang.

Check ‘em out!

Program berita, salah satu yang tertua

 

Program berita jadi salah satu acara TV paling tua yang ada di TVRI, dan basically di dunia pertelevisian Indonesia.

  • Then: Kalau dulu, nyari berita harus nunggu koran mingguan, atau program TV yang paling-paling cuma tayang 30 menit sehari. Mulai tahun 1973, ada program “Dunia dalam Berita” yang tayang Senin-Jumat setiap jam 9 malam. Walaupun isinya cuma berita, program ini jadi salah satu yang paling populer di zamannya.
  • Now: Sekarang, tanpa harus nunggu ba bi bu, Lo bisa dapetin berita kapan pun. Bisa lewat YouTube, atau bahkan lewat Twitter yang secepat kilat. Thanks to the internet.

Acara musik, ngehits di zamannya

Soal musik, anak muda zaman 80-an nggak kalah sama anak zaman sekarang. Ya, siapa sih yang nggak suka musik?

  • Then: Dulu, di TVRI ada acara yang namanya “Album Minggu“. Acara ini isinya kumpulan video klip dan lagu-lagu yang lagi ngehits di masanya. Mulai dari pop, rock, sampe dangdut, ada semua!
  • Now: Zaman sekarang, mau lagi happy atau galau, Lo bisa pilih playlist sesuai dengan suasana hati. Soalnya pilihannya nggak keitung. Alih-alih lewat TV, anak-anak Gen Z tinggal klik ‘play‘ di playlist Spotify-nya masing-masing.

Serial TV juga meramaikan acara hiburan 80-an

Serial TV emang selalu jadi acara hiburan favorit banyak orang, mulai dari dulu sampai sekarang. Tapi tentunya, acara TV zaman dulu nggak sama persis dengan yang sekarang.

  • Then: Waktu tahun 1980-an, TVRI udah bisa produksi serial TV-nya sendiri, lho! Judulnya “ACI (Aku Cinta Indonesia)“, yang tujuannya menanamkan nilai-nilai baik untuk para remaja. Selain itu ada juga “Losmen” yang populer di zamannya gara-gara cerita dan aktingnya yang bagus.
  • Now: Anak-anak Gen Z nggak lepas dari kata ‘Netflix‘. We’re Netflix generation y’all! Saking banyaknya pilihan serial, milih tontonan aja bisa sampe satu jam sendiri. Can you relate?

Acara seru-seruan dan komedi

Acara hiburan nggak seru kalau nggak ada komedi. Mau dari zaman dulu atau sekarang, orang pasti butuh hiburan yang mengocok perut.

  • Then: Stasiun TV pertama itu juga ternyata punya selera humor, salah satunya dengan acara “Ria Jenaka“, pertunjukan wayang orang yang tayang setiap Minggu pagi. Selain itu, ada juga game show, kayak “Berpacu dalam Melodi“, “Siapa Dia?“, dan “Aksara Bermakna“.
  • Now: Sedangkan zaman sekarang, hiburan komedi bisa kita dapat dari acara stand up comedy, video pendek kocak dari TikTok, atau lagi-lagi, balik ke serial/film bergenre komedi.

TVRI juga punya program anak-anak

Program anak-anak juga nggak kelewat dari acara hiburan yang ada di TV era 80-an, sampai sekarang. Mulai dari acara live-action sampai kartun, begini perubahan era dulu dan sekarang.

  • Then: Ngomongin program anak-anak, nggak mungkin lupa sama yang satu ini, “Si Unyil“. Tayang sejak 1981 di TVRI, “Si Unyil” jadi acara yang populer banget, sampai di-remake jadi “Laptop Si Unyil” tahun 2000-an.
  • Now: Sekarang, acara hiburan anak-anak makin maju dengan adanya animasi yang makin canggih. Program anak juga makin beragam, mulai dari yang lokal sampai internasional. Salah satu animasi lokal yang populer sekarang adalah “Nussa“.

Jadi, gimana guys? Kira-kira acara hiburan mana yang bakal jadi favorit Lo seandainya hidup di zaman 80-an?

Once again, happy anniversary to TVRI!

Baca juga:

close

Acara Hiburan Anak Muda, Then and Now

Search
close