Blue Beauty: Laut Juga Harus Tetap Cantik!

access_time 2 bulan yang lalu

Blue Beauty, mungkin Lo jarang mendengarnya, padahal perannya penting untuk masa depan bumi

Blue Beauty merupakan inovasi dari brand-brand kecantikan yang  memiliki misi untuk menggunakan kemasan yang aman bagi lautan dan lingkungan. Menurut Ocean Waste Plastics, blue beauty menggunakan kemasan yang bisa terurai dan bisa daur ulang, seperti kaca dan kertas.

Selain itu, umumnya produk-produk dengan blue beauty menggunakan bahan-bahan yang gak berbahaya untuk kulit.

Beda dengan green beauty, kalau Lo pernah mendengarnya, green beauty lebih fokus untuk menggunakan bahan-bahan berkelanjutan pada produk-produk mereka.

blue beauty
via cosmopolitan

Berjuta ton plastik sekali pakai

Secara singkat, blue beauty adalah sub-bagian dari dunia kecantikan yang fokus pada dampak dari pemakaian produk kecantikan. Salah satunya dampak plastik dari produk kecantikan terhadap lautan.

Soalnya bukan cuma memengaruhi lumba-lumba dan kura-kura, banyak juga hal lain yang harus dilakukan untuk menjaga biota-biota laut tetap abadi hingga beberapa tahun ke depan.

Setiap tahunnya, lebih dari 200 juta ton produksi plastik setengahnya adalah hasil dari barang sekali pakai. Seperti lembaran masker sekali pakai.

Sehingga hanya 9 persen dari seluruh sampah plastik yang didaur ulang. Sekitar 12 persen dibaar, dan sisanya 80 persen lagi terkumpul pada tempat pembuangan sampah atau terlepas gitu aja ke alam lepas.

Setidanya ada 98 juta ton plastik yang berakhir mengalir ke laut setiap tahun. 80 persen dari semua sampah laut berasal dari segala tempat.

blue beauty stats
via cosmopolitan
Baca juga: Himalayan Charcoal The Body Shop Rilis Produk Terbaru Untuk Detox!

Blue Beauty

Gerakan ini fokus antara industri kecantikan, limbah plastik, dan kesehatan aliran sungai hingga ke laut. Soalnya sampai sekarang jenis sampah laut yang paling melimpah adalah sampah plastik yang mengapung. Karena semua sampah plastik dan mikroplastik ini gak cuma mempercepat efek negatif perubahan iklim, tapi juga mematikan bagi hewan dan kehidupan laut lainnya.

Sampah-sampah plastik ini bisa bisa mencemari pasokan makanan dan air minum kita dan hewan-hewan laut.

close

Blue Beauty: Laut Juga Harus Tetap Cantik!

Search
close