🐱11 Jenis Kucing Peliharaan dan Karakter Uniknya

By
access_time 2 bulan yang lalu

Kebanyakan orang hanya mengenal jenis kucing domestik dan berbulu panjang. Padahal hewan menggemaskan ini saudaranya banyak banget.

Cukup banyak orang yang memelihara kucing, karena memang perawatannya mudah dan tingkahnya membuat mood kita lebih berwarna. Bukan hanya itu, banyak juga yang sengaja mengadopsi mereka dari jalanan, atau dari shelter.

Salah satu keunikan kucing selain penampilannya yang lucu, yaitu dengkuran. Banyak yang meyakini kalau dengkuran kucing ini memiliki kemampuan untuk meredakan stress. Kemampuan ini hanya dimiliki oleh kucing berukuran kecil dan sedang yang tidak mengaum. Jenis kucing besar seperti singa dan harimau tidak memiliki kemampuan dengkuran ini.

Nah, bagaimana bila kita mengulas macam-macam kucing dan keunikan mereka?

Kucing Ragdoll

Sumber: Hewanee

Jenis kucing ini cocok bagi kamu yang suka patah hati dengan kucing cuek. Sebab jenis Ragdoll ini sayang banget dengan manusia. Sampai-sampai jenis mereka ini bakal clingy dan mengikuti ke mana hooman-nya pergi. Jika memungkinkan, mereka akan memilih terus berada di sekitar kita. Kucing ini memiliki ciri khas bulu semi panjang dan warna putih tulang mendominasi tubuh, sedangkan pada area tertentu sepeti wajah, kaki, kuping dan ekor berwarna gelap yang berpola.

Boleh dibilang, ia hampir mirip dengan Siam. Yang membedakan adalah warna gelap kucing jenis ragdoll ada di area wajah dan kuping tertentu, sehingga ada kalanya ia memang lucu seperti boneka. Sedangkan siam memiliki warna gelap yang terpusat di tengah wajah. Warna ragdoll juga cenderung lebih gelap

Kucing Siam

Sumber: Liputan 6

Jenis yang satu ini juga mirip dengan Ragdoll dari segi fisik. Bedanya, mereka memiliki corak warna gelap yang lebih spesifik. Kucing jenis ini memiliki kecantikan dan kekaleman tersendiri, tapi ada kalanya mereka cukup lincah dan terkesan sedikit galak. Ringkasnya, mereka agak temperamen karena ini juga dipengaruhi dari genetika yang membuat mereka sedikit juling. Ada sedikit gangguan penglihatan yang kadang bisa membuatnya frustasi.

Meski demikian, mereka bisa kok membangun bonding dengan anak-anak atau pemiliknya. Suara kucing siam ada yang terderngar lembut manja, ada juga yang bersuara keras. Karena mereka termasuk kucing yang cerdas, jadi ada baiknya kita rajin mengajak mereka bermain atau bereksplorasi. Boleh juga diajak challenge ala kucing internet.

Kucing American Shorthair

Sumber: Wallpaper Better

Kucing yang mirip dengan jenis domestik ini termasuk favorit untuk jadi peliharaan. Pasalnya perawatan yang sangat mudah, umur relatif panjang dan mudah bergaul baik pada manusia atau sesama kucing dan anjing. Seperti namanya, bulunya pendek. Namun memiliki corak monokrom yang khas.

Untuk mengenali kucing jenis American Shorthair ini, mereka tidak terlalu suka manja-manjaan. Tapi tetap membutuhkan perhatian. Bukan jenis kucing yang akan mengobrak-abrik rumah, hanya saja baiknya diajak main secara berkala untuk memenuhi sifat aktifnya.

Kucing British Shorthair

Sumber: Biaya Info

Bila American Shorthair bercorak, Si British ini seperti sudah punya warna default abu-abu agak gelap. Seringkali dalam pemotretan, kucing-kucing ini diletakkan dalam kotak atau kardus, seperti diproduksi dengan cetakan dan tampilan kemasan yang sama. Kucing British Shorthair bisa bergaul dengan hewan dan manusia, tapi untuk urusan clingy atau minta gendong adalah otoritas mereka sendiri. Kalau sedang ingin, mereka akan datang, tapi kalau tidak pun jangan memaksakan.

Jenis Kucing Sphynx

Sumber: Hipwee

Kucing ini tidak memiliki bulu. Ia juga kerap nampak keriput dan kurus. Meski demikian, keunikan ini yang bikin kucing kucing Sphynx disukai orang. Terutama bagi mereka pecinta kucing eksotis, atau yang alergi terhadap bulu. Ada kalanya kucing ini agak caper saat ingin diperhatikan. Jadi ada baiknya kita ini rajin membelai kepala dan telinganya. Walau nampak galak, sebenarnya tidak kok.

Kucing Oriental Shorthair

Sumber: Marshall Pet Zone

Sekilas, bentuknya mirip kucing Sphynx, tapi mereka berbulu. Bentuk kepala, telinga dan badannya memang tidak seperti kucing pada umumnya. Tapi mereka ini jenis kucing yang cukup friendly dan suka bermain. Dengan bentuk yang unik, mereka punya beragam corak. Jadi, kalau kamu bertemu salah satunya dan jatuh cinta pada mereka, itulah hadiah istimewa dari semesta untukmu.

Jenis Kucing Bengal

Sumber: Kucingpedia

Kucing Bengal memiliki corak mirip cheetah, tapi dengan warna lebih legam. Selain itu, tentu saja mereka lebih kecil dari jenis kucing besar. Jenis Bengal ini tingkahnya selalu seperti kucing kanak-kanak, jadi mereka suka bermain, senantiasa dalam mode waspada dan cocoknya dengan orang yang punya waktu buat mereka.

Karena Bengal sangat banyak bergerak, pastikan kita memiliki ruang yang cukup luas atau leluasa buat dia bergerak. Misalnya untuk kandang pun, jangan memberi kandang yang terlalu sempit atau jarang mengeluarkannya karena akan membuat ia stres atau menjad kucing yang cenderung pasif.

Jenis Kucing Persia

Sumber: Liputan 6

Yang satu ini sering dianggap sebagai kucing sultan. Karena bulu panjang yang perlu rajin disikat, tingkahnya yang kadang susah diprediksi dan dianggap sebagai peliharaannya orang berada. Well, tidak juga kok. Meski maintenancenya sedikit lebih banyak, saat ini cukup banyak kalangan yang memelihara mereka. Jenis kucing Persia ini memiliki bulu cantik dan sifatnya bisa kalem, bisa belingsatan tergantung mood. Tapi tergolong lebih tenang bila dibandingkan kucing domestic.

Jenis Kucing lokal

Sumber: Betterlife info

Kucing ini paling mudah ditemui di manapun. Jenis bulunya pendek, namun ada juga yang secara alamiah bersilangan hingga kadang kita menemui kucing domestic berbulu agak panjang dan ekor agak mekar. Karakter kucing ini lebih pemalu, lebih tepatnya bila tak kenal, mereka akan lari darimu. Karakternya juga terbentuk oleh kondisi di mana dia tinggal dan bagaimana caranya hidup.

Misalnya bila ia merupakan kucing jalanan, wataknya lebih liar, lebih cuek dan cenderung lari dari manusia. Sedangkan yang sudah mengenal orang, mereka lebih lembut dan manja. Sifat mereka bervariasi, tapi beberapa orang meyakini kucing warna oranye atau kucing oren adalah yang paling bar-bar di antara mereka. Hihihi…

Kucing Maine Coons

Sumber: Brilio

Kucing ini bisa berkembang jadi besar dan gemuk, sehingga menggemaskan sekali. Selain itu, ia memiliki pribadi yang mudah bergaul dengan manusianya. Mereka tipe kucing berbulu panjang dan anggun bak Persia. Ada kalanya agak sulit membedakan kedua macam kucing ini dan Anggora. Tinggal melihat ukuran tubuhnya saja yang bisa tumbuh lebih besar.

Maine Coon merupakan kucing yang dianugerahi banyak kelebihan. Di antaranya kelebihan jari dan memiliki bulu yang lebih tahan air. Makanya, mereka tidak begitu takut dengan air dibanding kucing jenis lainnya. Selain itu mereka juga mampu berenang. Waah, seru nih.

Kucing Anggora

Sumber: the Gorbarsla

Pasti banyak yang sering bingung membedakan Anggora dan Persia atau Persia dengan Maine Coons. Kucing Anggora berasal dari Ankara, sedangkan Persia berasal dari Iran. Kucing Anggora memiliki bentuk segitiga pada wajah dan bentuk collarnya. Bulunya juga tak selebat Persia atau Maine Coons. Kucing jenis ini memiliki rasa penasaran lebih tinggi dari Persia. Jadi jangan heran kalau ia suka naik ke tempat yang kebih tinggi.

Itulah beberapa jenis kucing dan karakter unik mereka yang bisa jadi pertimbangan untuk memelihara mereka. Bukan hanya mencocokkan dengan sifatnya, namun juga situasi dan kebiasaan kita sendiri. Misalnya apakah ruangan tinggalnya akan cukup besar, berapa banyak waktu yang bisa kita alokasikan untuk mereka, apakah kita sanggup merawatnya dan banyak lagi.

Memeliki peliharaan seperti kucing memang cocok-cocokan. Tapi kalau tidak cocok jangan menelantarkannya ya. Oleh karena itu, sangat penting mempertimbangkan masak-masak sebelum memutuskan untuk memelihara. Semoga menemukan jenis kucing yang jadi soulmatemu yah.

close

🐱11 Jenis Kucing Peliharaan dan Karakter Uniknya

Search
close