Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Organisasi Dokter Indonesia Ingin RI Tiru Selandia yang Larang Rokok Seumur Hidup

Dilarang sebat!

Beberapa waktu lalu, Selandia Baru mengumumkan bahwa negara tersebut akan melarang konsumsi rokok seumur hidup di masa mendatang.

Tak lama berselang, sejumlah organisasi kesehatan Indonesia pun angkat suara.

Mereka kompak mendukung agar pemerintahan RI bisa meniru kebijakan tersebut!

Quit Smoking GIFs - Get the best GIF on GIPHY

Baca juga: Sri Mulyani: Tahun 2045 Bakal Ada Banyak Orang Kesepian

Organisasi kesehatan Indonesia dorong larangan rokok

Para ahli kesehatan berdalih bahwa pemerintah harusnya bisa memastikan kesehatan masyarakat di masa mendatang; dimulai dari tahap yang paling dini, hingga mereka lansia.

Kalau dari organisasi profesi tentu saja semua sepakat dengan aturan yang berlaku di Selandia Baru. Tapi, tetap saja keputusan di tangan politisi atau pemerintah,” ujar dr Piprim Basara Yanuarso SpA(K) selaku Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Hal ini pun diamini Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) yakni dr Agus Dwi Susanto SpP(K).

Saya juga telah baca peraturan di Selandia Baru. Saya rasa itu bagus sekali. Kalau kami dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dari awal sudah menyampaikan bahwa pencegahan penyakit itu dimulai dari dini,” ujar dr Agus.

Cigratte GIFs - Get the best GIF on GIPHY

Baca juga: Deteksi Covid, Jepang Bikin Masker yang Menyala Kalau Terpapar Virus Corona

Larangan rokok di Selandia Baru

In case lo nggak tau, pemerintah Selandia Baru berencana untuk menghentikan penjualan rokok guna melindungi generasi muda.

Peraturan tersebut rencananya akan mulai berlaku pada 2024.

Saat ini sebanyak 11,6 persen dari total populasi berusia di atas 15 tahun di negara tersebut adalah perokok. Jumlah tersebut meningkat cukup pesat tiap tahunnya.

Kami ingin memastikan remaja tidak akan pernah mulai merokok, jadi kami akan menjadikan penjualan dan suplai rokok tembakau sebagai pelanggaran untuk kelompok remaja baru,” kata Menteri Kesehatan Persemakmuran Selandia Baru, Ayesha Verrall.

Bukan cuma membatasi konsumsinya, pemerintah negara itu juga menekan kandungan nikotin di semua rokok yang beredar di negara itu.

Saat ini pemerintah tengah berkoordinasi dengan gugus tugas kesehatan Maori. Nantinya keduanya akan mengajukan rancangan aturan baru ini ke parlemen pada bulan Juni tahun depan.

Your thoughts? Let us know in the comments below!

https://twitter.com/drayeshaverrall/status/1395225486335217665/photo/1?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1395225486335217665%7Ctwgr%5E%7Ctwcon%5Es1_&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.ussfeed.com%2Fselandia-baru-akan-hentikan-penjualan-rokok-mulai-2024-mungkinkah-indonesia-tiru%2F