Chloe Zhao Cetak Sejarah Baru di BAFTA 2021!

access_time 4 minggu yang lalu

Sutradara kelahiran Beijing, Chloe Zhao baru saja mencetak sejarah baru di British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) 2021. Ia menjadi wanita kedua yang berhasil meraih penghargaan ‘Best Director’.

Rupanya, ajang bergengsi ini sendiri juga membuat kejutan baru dalam kategori Best Director. Apa saja yang terjadi sepanjang berlangsungnya BAFTA 2021?

Chloe Zhao Jadi Wanita Kedua yang Menangkan “Best Director” di BAFTA

Chloe Zhao
The Guardian

Dalam ajang tersebut, Chloe Zhao masuk nominasi Best Director untuk filmnya yang berjudul “Nomadland”. Ia ada dalam kategori tersebut bersama sutradara lainnya, seperti Emerald Fennell, Shannon Murphy, Thomas Vinterberg, Lee Isaac Chung, Sarah Gavron, dan Jasmila Zbanic.

Zhao pun berhasil menang dalam kategori ‘Best Director’ ini. Kemenangannya juga berhasil memecahkan rekor wanita kedua yang sukses menang dalam kategori tersebut.

Baca juga:

Chloe Zhao
DGA

Sebelumnya, satu-satunya wanita yang berhasil memenangkan kategori Sutradara Terbaik dalam ajang ini adalah Kathryn Bigelow. Seorang sutradara asal Amerika Serikat yang sukses membawa pulang penghargaan tersebut untuk film “The Hurt Locker” pada tahun 2010 silam.

Selama acara berlangsung, film “Nomadland” yang dibawanya berhasil membawa pulang tiga piala, di antaranya untuk kategori ‘Cinematography‘, ‘Leading Actress for Frances McDormand‘, dan ‘Best Film‘.

Kategori “Best Director” Diisi 4 Wanita

Chloe Zhao
NME

Kejutan tidak hanya datang dari Chloe Zhao saja. Kategori ‘Best Director’ juga berhasil membuat gebrakan karena untuk pertama kalinya dalam sejarah, kategori tersebut diisi oleh empat nominasi wanita.

Hal ini tentunya membuat BAFTA semakin sadar akan keragaman di industri perfilman. Pihak penyelenggara pun ingin keragaman dalam industri ini dapat terus berkembang, terutama pada ajang penghargaan film.

_

Congratulations, Zhao!

close

Chloe Zhao Cetak Sejarah Baru di BAFTA 2021!

Search
close