Hari Musik Nasional Jadi Motivasi untuk Musisi di Tengah Pandemi

access_time 8 bulan yang lalu

Setiap bulan Maret jadi momen spesial bagi para musisi Indonesia. Jelas saja, tanggal 9 Maret adalah peringatan akan Hari Musik Nasional.

Sudah bertahun-tahun kita rayakan peringatan hari ini, tapi apakah Lo sudah tau tentang sejarahnya? Yuk simak sejarahnya di bawah ini.

Hari Musik Nasional

Hari Musik Nasional
GNFI

Peringatan akan Hari Musik Nasional telah ditetapkan sejak masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2013 silam. Dipilihnya tanggal 9 Maret pun juga bukan tanpa alasan.

Tanggal tersebut sengaja dipilih untuk mengenang sosok pahlawan nasional yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Wage Rudolf Supratman. Namun, penetapan tanggal ini dianggap keliru karena ada yang menyebutkan bahwa sang pahlawan lahir di tanggal 19 Maret 1903.

Baca juga:

Hari Musik Nasional
Unsplash

Pada tahun-tahun sebelumnya, peringatan akan hari ini selalu dirayakan secara meriah. Berbagai acara musik menjadi wadah para musisi Tanah Air untuk mengekspresikan karya-karya mereka.

Namun, setahun belakangan peringatan ini malah seperti hari biasa, tak ada selebrasi yang dapat direalisasikan. Meski begitu, justru peringatan ini bisa menjadi sumber semangat baru bagi musisi-musisi di tengah pandemi Covid-19.

Motivasi untuk Musisi di Masa Pandemi

Hari Musik Nasional
VOI.ID

Penetapan ini pun juga bukan tanpa tujuan. Apalagi negara ini mengakui kinerja para pekerja di industri musik, semakin memperkuat tujuan untuk meningkatkan produktivitas bermusik setiap saat.

Hari ini juga menjadi gerbang penyemangat untuk para musisi membuat karya-karya yang dapat diakui tidak hanya dalam negeri, tapi juga luar negeri. Besar harapan negara musisi lokal dapat meraih beragam prestasi di tingkat nasional sampai internasional.

_

Selamat Hari Musik Nasional!

close

Hari Musik Nasional Jadi Motivasi untuk Musisi di Tengah Pandemi

Search
close