Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hujan Ikan Jadi Fenomena Mengejutkan, Apa Penyebabnya?

Fenomena hujan ikan yang terjadi membuat gempar para penduduk di sebuah kota. Bagaimana tidak hujan yang biasanya air berubah menjadi ikan-ikan yang berjatuhan dari langit.

Adapun ikan tersebut masih masuk kategori ‘kecil’ dan berukuran 10-12 cm.

Begini penjelasan warga yang melihat fenomena hujan ikan

Disebutkan salah satu warga setempat, James Audrisch, fenomenan yang disebut dengan animal rain terjadi saat sore hari.

Saat itu dia sedang menghabiskan waktu bersama temannya. “Ada suara guntur keras dan ketika kami membuka pintu, saya melihat keluar. Hujan turun sangat deras dan seekor ikan jatuh ke tanah,” tuturnya.

Ikan bertebaran di sini dan di mana-mana.”

Dikira prank, akun resmi kota memberi penjelasan

Dilansir Insider, terkait kejadian itu, awalnya para warga berpikir kalau itu hanyalah prank belakan. Namun selang berapa lama, akun resmi kota Texarkana membagikan postingan dan foto yang memperingatkan warga soal fenomena ini.

“2021 dengan segala kejutannya … termasuk hujan ikan di Texarkana hari ini. Dan ini bukanlah sebuah candaan belaka,” tulis akun Kota di Facebook mereka.

Bagaimana fenomena ini bisa terjadi?

Kejadian aneh ini lantas menimbulkan pertanyaan, bagaimana ikan bisa berjatuhan dan dari mana asalnya?

Berdasar penjelasan National Geographic, fenoma animal rain bisa terjadi saat hewan kecil seperti ikan, kelelawar, ular, burung, dan katak terjebak di puting beliung.

Dalam beberapa kejadian, hewan ini sebenarnya sudah mati saat jatuh ke tanah. Namun ada pula yang berjatuhan dari langit dan masih hidup saat jatuh.

Untuk diketahui, fenomena animal rain yang terjadi di Texakarna bukan satu-satunya yang pernah terjadi di AS. Sebelumnya pada 2017 silam, negara bagian California pernah mengalami kejadian serupa.

Top image via via Facebook The City of Texarkana, Texas