Inilah Wajah Manusia Pertama yang Menghuni Asia Tenggara

Inilah Wajah Manusis Pertama yang Menghuni Asia Tenggara
access_time 5 hari yang lalu

Orang pertama di Asia Tenggara, jenazahnya ditemukan di Thailand

Para peneliti berhasil merekonstruksi wajah orang pertama yang menghuni Asia Tenggara.

Hal ini berhasil dilakukan lewat rekonstruksi wajah dari sisa-sisa kerangka yang ditemukan pada tahun 2002 di tempat penambang batu Tham Lod di barat laut Thailand.

Evolution - GIF on Imgur

Baca juga: Agnez Mo Dinobatkan Sebagai Artis Paling Kaya di Indonesia

Punya unsur wajah wanita Asia Tenggara, Asia Timur hingga Afrika

Rekonstruksi wajah tersebut dibuat dengan proyek penelitian yang didanai pemerintah Thailand. Mereka menggunakan berbagai jaringan lunak tengkorak untuk memperkirakan wajah sosok tersebut.

Rekonstruksi wajah adalah metode yang sangat populer, tetapi telah diuji dan ditemukan tidak valid secara ilmiah sejak sekitar tahun 2002,” ungkap rekan penulis studi, Susan Hayes, dari University of Wollongong di Australia, sebagaimana dikutip Live Science.

Menariknya, sosok perempuan tersebut punya wujud yang mirip dengan wajah wanita Asia Timur dan Tenggara hingga Afrika; lebar dan tinggi wajahnya mirip dengan wanita Jepang, sementara mata, hidung dan mulutnya punya kesamaan morfologi dengan wanita Afrika.

Orang mati pantas mendapatkan yang terbaik yang bisa kita lakukan, tidak peduli berapa lama mereka hidup, dan ini termasuk meluangkan waktu untuk menerapkan metode terbaik untuk memperkirakan setiap wajah unik dari masa lalu manusia kita,” kata Hayes.

Baca juga: Wagub DKI Jakarta Angkat Suara Soal Kerumunan McDonalds x BTS

Hidup sekitar 13 ribu tahun yang lalu

Sosok wanita tersebut diperkirakan hidup sekitar 13 ribu tahun yang lalu di negeri gajah putih.

Ketika ditemukan, jenazah wanita tersebut ada di kuburan dengan lingkaran dengan lima batu besar dan pecahan abtu kapur berbentuk bulat yang diduga bagian dari ritual pengubaran wanita.

Menurut tim peneliti dari Thailand yang dipimpin oleh Rasmi Shoocongdej, seorang profesor arkeologi di Silpakorn University di Bangkok, menetapkan bahwa tulang-tulang yang ditemukan di situs adalah milik seorang wanita yang diperkirakan berusia 25 hingga 35 tahun dengan tinggi 152 centimeter.

Learn Something GIFs - Get the best GIF on GIPHY

close

Inilah Wajah Manusia Pertama yang Menghuni Asia Tenggara

Search
close