💸6 Negara Terkaya di Dunia, Mana Saja Ya?

negara terkaya
access_time 4 minggu yang lalu

Di dunia banyak sekali negara dengan harta yang melimpah. Dari negara yang besar sampai dengan yang mungkin tidak banyak orang tahu. Untuk kamu yang ingin tahu mana saja negara terkaya di dunia, berikut adalah ulasannya. 

Uni Emirat Arab 

negara terkaya
Via: MiNews ID

Negara yang masuk ke dalam golongan negara terkaya adalah Uni Emirat Arab. Hartanya mencapai US$ 70240. Dulu, negara satu ini terkenal dengan sektor pertanian, perikanan, dan perdagangan yang menjadi andalan ekonomi. Namun sejak tahun 1950-an, sektor minyak bumi yang membuat negara ini lebih maju dalam bidang perekonomian. Kini, di luar sektor minyak, ada keuangan, konstruksi, dan pariwisata yang sudah masuk ke industri utama. Dari sektor-sektor inilah, masyarakat setempat menikmati kekayaan melimpah dan juga menikmati banyaknya bangunan serba arsitektur Islam tradisional yang bercampur pusat perbelanjaan mewah. 

Swiss 

negara terkaya
Via: Optima Education

Selanjutnya ada Swiss yang memiliki kekayaan mencapai US$ 72390. Swiss dari dulu berfokus pada layanan keuangan, farmasi, bahan kimia, elektronik, manufaktur, dan logam. Sedangkan penggerak utama ekonominya adalah sektor jasa yang mewakili sekitar 74% dari PDB negara. 

Irlandia 

negara terkaya
Via: Jihan Davincka

Kemudian ada Irlandia yang masuk ke lima besar negara terkaya di dunia. Meskipun beberapa negara di Eropa sedang mengalami ketidakpastian seperti ketegangan perdagangan dengan Amerika Serikat, Brexit, krisis pengungsi, Irlandia tetap berkembang ekonominya. Terbukti dengan kekayaannya yang kini mencapai US$ 83399. Pendapatannya berasal dari call centre, layanan hukum, jasa akuntansi, layanan pelanggan, pialang saham, pariwisata, dan katering.

Brunei Darussalam 

negara terkaya
Via: Agoda

Negara terkaya selanjutnya ada Brunei Darussalam. Kekayaannya adalah sekitar US$ 28 miliar atau setara dengan 392 triliun rupiah yang diklaim 50 kali lipat lebih banyak dari kekayaan Ratu Elizabeth II di Inggris. Itu semua bersumber dari cadangan minyak dan gas alam.

Singapura 

negara terkaya
Via: Akseleran

Mungkin banyak dari kamu yang sudah tahu kalau Singapura termasuk ke dalam jajaran negara terkaya di dunia. Kekayaannya mencapai US$ 92020 yang bersumber dari sektor manufaktur, jasa, elektronika, ilmu biomedis, bahan kimia, teknik transportasi, dan logistik. Saat ini, Singapura menjadi pusat perdagangan, manufaktur, dan keuangan yang berkembang pesat. 

Qatar 

negara terkaya
Via: MAN Energy Solutions

Di urutan pertama ada Qatar yang memiliki kekayaan dengan nilai sekitar US$ 132886. Sumber kekayaannya sangat bervariasi, seperti minyak, gas, petrokimia, pusat perbelanjaan mewah, dan kuliner . Meski terdampak Covid-19, perekonomian Qatar diproyeksikan terus tumbuh di tengah peningkatan produksi gas dan investasi menjelang Piala Dunia 2022. 

Inilah beberapa negara terkaya yang ada di dunia. Masing-masing mempunyai harta yang berlimpah dan bersumber dari beragam sektor. Bagaimana, sudah tak penasaran lagi? 

close

💸6 Negara Terkaya di Dunia, Mana Saja Ya?

Search
close