Golongan darah P si paling langka di dunia

Dari beberapa tipe golongan darah, golongan darah yang paling langka adalah golongan darah P.

Seorang dokter di China menemukan urutan nukleotida baru dari tipe golongan darah langka tersebut, penemuan ini dilaporkan merupakan subtipe dari golongan darah P.

Ditemukan saat melakukan pemeriksaan darah rutin

Dokter tersebut bernama Cao Guoping, seorang spesialis tranfusi darah di Rumah Sakit Taixing People di Taizhou, Provinsi Jiangsu.

Guoping menemukan sampel darah yang langka saat dirinya melakukan pemeriksaan darah rutin di rumah sakit pada tahun 2023 lalu.

Bagi Cao Guoping, sampel darah ini merupakan penemuan yang sangat penting. Khususnya bagi para pemilik golongan darah langka P.

Para pemilik golongan darah yang langka ini sering kesulitan menerima transfusi darah dari jenis yang sama.

person in white long sleeve shirt sitting on chair
Courtesy of Unsplash/Nguyễn Hiệp

Penemuan yang sangat penting dalam dunia kesehatan

Oleh karena itu penemuan ini dianggap penting dalam dunia kesehatan terutama bagi para pemilik golongan darah P yang membutuhkan tindakan transfusi darah, misalnya proses melahirkan.

Berdasarkan laporan dari South China Morning Post (SCMP), hanya ada sekitar dua belas orang di China yang tercatat memiliki golongan darah P. Perbandingannya lebih sedikit dari satu dalam satu juta orang.

“Dalam kasus perempuan dengan golongan darah ini, keberadaan antibodi ‘anti-Tja’ yang menyerang plasenta secara langsung dapat menyebabkan keguguran berulang dan bayi lahir mati,” kata Guoping dilansir dari SCMP, Selasa, 9 Januari 2024.

Pihak rumah sakit menyerahkan penemuan tersebut ke database Genbank, yang merupakan koleksi terbuka yang dikelola Pusat Informasi Bioteknologi Nasional Amerika Serikat.

green pink and purple plastic bottles
Courtesy of Unsplash/Testalize .me

Let uss know your thoughts!