Nvidia jadi perusahaan publik terbesar di dunia

Perusahaan teknologi raksasa yang mengembangkan Artificial Intelligent (AI), Nvidia menjadi perusahaan publik terbesar di dunia.

Nvidia merupakan perusahaan multinasional yang sudah lama dikenal di komunitas para pegiat game dengan graphic chip buatan mereka yang berkualitas.

Salip kapitalisasi pasar Microsoft dan Apple

Nvidia dinobatkan jadi public company terbesar di dunia setelah berhasil mampu melampaui kapitalisasi pasar Microsoft dan menyalip kapitalisasi pasar Apple.

Padahal sebelumnya Apple mendapat keuntungan saham yang kuat selama berbulan-bulan.

Faktor yang buat perusahaan yang dipimpin Jensen Huang jadi yang terbesar di dunia

Pada Selasa, 18 Juni 2024 saham pembuatan chip mereka yang meroket hingga lebih dari 3% menjadi sekitar 135,65 dolar Amerika atau setara dengan Rp2,2 juta.

Naiknya harga saham Nvidia bersamaan dengan saham milik Microsoft yang turun satu persen.

Performa saham yang naik tersebut membuat kapitalisasi pasar Nvidia turut meningkat mencapai 3,33 triliun dolar Amerika atau setara dengan Rp54 miliar lebih.

Perkiraan kekayaan bersih dari sang CEO

Saham Nvidia naik sekitar 12% sejak pemecahan saham baru-baru ini, yang menurunkan harganya dari 1,210 dolar AS per saham menjadi sekitar 120 dolar AS per saham.

Nvidia memulai tahun ini dengan nilai pasar 1,2 triliun dolar AS, kurang dari setengah kapitalisasi pasar Microsoft dan Apple pada saat itu.

Forbes memperkirakan kekayaan bersih CEO Nvidia, Jensen Huang sebesar 118,8 miliar dolar AS, menjadikannya orang terkaya ke-11 di dunia.


Let uss know your thoughts!