Kratom?

Mungkin, tanaman kratom masih awam buat kalian. Tanaman kratom kini jadi sorotan setelah Presiden RI Joko Widodo bersama dengan sejumlah menteri mengadakan rapat terbatas untuk ngebahas soal legalisasi tanaman itu, dikutip dari Antara. 

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menuturkan kalau tata kelola kratom perlu dirumuskan karena belum ada standarisasi dan masyarakat kesulitan mengekspor tanaman ini. Ia juga menyoroti soal aturan tata niaga tanaman tersebut, pun memastikan apakah kratom tergolong sebagai narkotika atau enggak.

Sponge Bob Reaction GIF

(via Giphy)

 

Perbedaan Persepsi BNN dan BRIN Soal Kratom

Menurut Moeldoko, masih ada perbedaan pendapat antara antara Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terkait keamanan penggunaan kratom. 

“Kita ingin memastikan sebenarnya seperti apa sih kondisi kratom itu. Masih ada perbedaan persepsi. Untuk itu, saya meminta BRIN untuk melakukan riset. Risetnya mengatakan bahwa mengandung (narkotika) tetapi dalam jumlah tertentu, saya minta lagi jumlah tertentu seperti apakah yang membahayakan kesehatan.”

  • Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko pada Kamis (20/06/2024), dilansir dari Antara.

Sebenarnya, kratom itu apa?

  • Nama: Kratom
  • Nama ilmiah:  Mitragyna speciosa (Korth.) Havil.
  • Lokasi penyebaran: Asia Tenggara, termasuk Indonesia. 
  • Penggunaan kratom: Dikunyah, dibuat jamu atau teh herbal. 
  • Kandungan kratom: Memiliki kandungan aktif yaitu alkaloid mitragynine dan 7-hydroxymitragynine. Kedua bahan aktif ini memiliki efek sebagai obat analgesik atau pereda rasa sakit.

Sumber: Global Biodiversity Information Facility (GBIF)Antara & Kementerian Keuangan

Efek yang Dirasakan Dari Konsumsi Kratom

Sebagaimana dilansir Antara, kratom mengandung senyawa aktif mitragynine yang (mungkin) bisa menimbulkan kecanduan. Sementara itu, efek yang dirasakan setelah mengonsumsi kratom adalah merasa relaks dan nyaman, tapi bisa menimbulkan euforia berlebihan kalau digunakan dalam dosis tinggi. 

Kenapa Orang Mengonsumsi Kratom? 

  • Buat meningkatkan energi.
  • Buat bikin badan relaks.
  • Buat mengurangi rasa sakit.
  • Buat ngatasin gejala masalah mental seperti kecemasan dan depresi.
  • Buat ngurangin gejala dan keinginan menggunakan opioid atau obat-obatan lain. 

Sumber: U.S. Department of Health and Human Services

Singapura dan Malaysia Larang Kratom

Pada 2023, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Marthinus Hukom menuturkan kalau negara tetangga Indonesia, yakni Singapura dan Malaysia, melarang peredaran kratom, dikutip dari Antara. 

Pihak BNN sendiri sempat berkoordinasi dengan kedua negara tersebut buat mengetahui lebih jauh kenapa mereka melarang peredaran tanaman Kratom, dan kemudian hal itu bisa jadi pertimbangan untuk menentukan kebijakan dalam negeri. 

Tired Pool Party GIF by Looney Tunes

(via Giphy)

What are your thoughts? Let us know!

(Courtesy of Antara & Freepik)