Indonesia jadi juara umum di ASEAN University Games 2024 koleksi 126 emas

Kontingen Indonesia keluar sebagai juara umum di ASEAN University Games (AUG) ke-21 2024 yang dilaksanakan selama 11 hari sejak 25 Juni sampai 6 Juli 2024.

Dalam kompetisi tahun ini, Indonesia menjadi juara umum setelah berhasil mengumpulkan sebanyak 126 medali emas, 97 perak, dan 71 perunggu.

Atlet mahasiswa/i ukir sejarah dengan rekor baru

Atas prestasi yang membanggakan ini Ketua Kontingen Mahasiswa Indonesia Del Asri menyampaikan pidatonya terkait kemenangan ini.

Selain menggenapkan target juara umum, kontingen Indonesia mengukir sejarah baru dengan mencatat rekor baru.

“Alhamdulillah. Sebagai Ketua Kontingen saya berterima kasih atas kerja keras atlet, pelatih dan semua pihak,” kata Del Asri dilansir Antara, Senin, 8 Juli 2024.

Perolehan medali melampaui target?

Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Suharti mengucapkan rasa syukurnya dan mengapresiasi penampilan seluruh atlet di ajang AUG 2024.

“Ada berita baik yang kita wartakan ke seluruh Indonesia dan dunia, bahwa AUG 2024 sudah dilaksanakan dengan baik, medali sudah diperoleh tapi lebih daripada itu kami bisa menjalin kerja sama antara atlet dan akademisi dari seluruh negara ASEAN,” ujar Suharti.

Diwakili 392 atlet mahasiswa/i dari berbagai universitas di Indonesia

Melansir laman resmi Universitas Negeri Jakarta, ASEAN University Games 2024 ini diikuti oleh 11 negara di Asia Tenggara yang melibatkan sekitar 5.000 atlet mahasiswa-mahasiswi di seluruh negara ASEAN.

Indonesia mengirimkan wakil sebanyak 392 atlet mahasiswa/i dari berbagai universitas untuk mengikuti 247 kompetisi dari 18 cabang olahraga untuk berkompetisi di ajang AUG 2024.


Let uss know your thoughts!