Badan Kanker WHO masukkan talk sebagai bahan yang bisa picu kanker bagi manusia

Badan Kanker dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memasukkan “talc” atau talk yang biasa digunakan dalam bedak, sebagai bahan yang bersifat karsiogenik atau bisa memicu kanker bagi manusia.

Berdasarkan rilisan pers resmi mereka pada Jumat, 5 Juli 2024 lalu Badan Penelitian Kanker Internasional (IARC) telah mengevaluasi sifat karsiogenik dari talk dan akrilonitril.

Berdasarkan penelitian dari 29 ilmuwan dari 13 negara di IARC

Sebuah kelompok peneliti yang terdiri dari 29 ilmuwan dari 13 negara yang tergabung di IARC di Lyon, Prancis, mempublikasikan temuan tersebut di The Lancet Oncology minggu lalu.

Dalam perkembangan terakhirnya, Badan Penelitian Kanker Internasional WHO mengungkap berdasarkan penelitian dengan “bukti terbatas” talk berisiko menyebabkan kanker ovarium bagi manusia.

Mereka juga mengungkapkan bahwa ada “bukti yang cukup” yang menyatakan talk dapat menyebabkan kanker pada tikus.

Selain itu mereka menyatakan memiliki “bukti mekanistik yang kuat” jika talc menunjukkan tanda-tanda karsinogenik pada sel manusia.

Ada penelitian tunjukkan peningkatan risiko kanker pada wanita yang pakai bahan talk di area kewanitaan

Kesimpulan dari badan kanker WHO didasarkan pada beberapa penelitian yang menunjukkan peningkatan risiko kanker ovarium pada wanita yang menggunakan bedak talk di area kewanitaan mereka.

Namun mereka mengakui belum dapat menentukan 100% hubungan sebab akibat dari penelitian satu dengan lainnya.


Let uss know your thoughts!