Bantal di kursi kereta Whoosh dicuri penumpang, sudah 6 kasus

Fasilitas bantal pada sandaran kursi kereta kelas Premium Economy yang disediakan di rangkaian kereta cepat Whoosh dilaporkan dicuri oleh oknum penumpang yang tidak bertanggung jawab.

Dalam keterangan resminya, KCIC melaporkan hingga pada Juli 2024 setidaknya sudah ada 6 kasus kehilangan yang terdata oleh pihak mereka.

“Pada kejadian terakhir di Juli 2024, saat Whoosh nomor G1247 rute Halim-Tegalluar keberangkatan 11 Juli 2024 berhenti di stasiun akhir, petugas pelayanan di atas kereta melakukan pemeriksaan kebersihan dan barang yang tertinggal. Didapati 1 buah kursi Premium Economy di kereta nomor 6 tidak dilengkapi bantal kepala,” kata Eva dalam pernyataan resminya, Sabtu, 27 Juli 2024.

Kecil tapi merugikan banyak pihak kalo ilang, bantal ini tahan api & punya spesifikasi khusus

Namun General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengungkap pihaknya sudah menyelidiki siapa para pelaku di balik kasus ini, berdasarkan bantuan dari CCTV yang disediakan di setiap gerbong kereta Whoosh.

Melalui 44 CCTV yang sudah disediakan pada setiap rangkaian kereta, diketahui bahwa ada oknum penumpang yang melepas bantal dari sandaran kursi.

Hasil penelusuran CCTV tersebutpun menemukan adanya oknum penumpang yang sengaja mencuri bantal di rangkaian kereta Whoosh.

“Bantal ini juga didesain dengan spesifikasi khusus yang memiliki teknologi tinggi. Bantal serta kursi penumpang memliki bahan yang tahan api sehingga dalam keadaan darurat, berbagai potensi bahaya dapat diminimalisir. Meskipun kecil, kejadian ini cukup merugikan perusahaan dan penumpang lainnya,” ujar Eva.

Fasilitas yang dikasih ke penumpang selama perjalanan, ngga boleh lebih

Eva menjelaskan fasilitas bantal di setiap kursi memang disediakan untuk para penumpang demi kenyamanan mereka dan meng-upgrade level pengalaman saat menggunakan rangkaian kereta Whoosh.

Namun bukan berarti para penumpang bisa membawa atau mencuri fasilitas yang diberikan hanya selama perjalanan tersebut.

Eva prihatin fasilitas yang diberikan untuk meng-upgrade kenyamanan penumpang selama perjalanan malah dicuri oleh oknum, pencegahan dan edukasi dipastikan terus dilakukan.

“Kami sangat prihatin dengan adanya kasus pengambilan bantal di kereta Whoosh. Fasilitas ini disediakan untuk kenyamanan penumpang dan kami berharap seluruh penumpang dapat menjaga dan menghargai fasilitas yang ada. Kami akan terus berupaya melakukan pencegahan dan edukasi untuk memastikan kenyamanan dan keamanan seluruh penumpang,” tegasnya.

KCIC punya 1.390 CCTV yang disebar di banyak titik

Hingga saat ini KCIC tak hanya melakukan penyelidikan dan penelusuran tapi juga menindak pelaku sesuai dengan prosedur.

“KCIC langsung menindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan CCTV dan penelusuran data penumpang. Saat ini data penumpang sudah didapatkan dan akan ditindaklanjuti sesuai prosedur yang berlaku,” imbuhnya.

Tak hanya itu, saat ini area stasiun, rangkaian kerea Whoosh, hingga jalur trase dipasangi 1.390 CCTV yang dipantau scara khusus dan berkala.


Let uss know your thoughts!