Dari Tempat Tinggal – Konsultasi Ahli Gizi

Olimpiade Paris sedang berlangsung sejak 26 Juli lalu. Pembukaan olimpiade ini diputuskan diselenggarakan di Sungai Seine, yang notabene merupakan pertama kalinya dalam sejarah Olympic Summer Games. 

Konsep opening ini juga menjadikan pembukaan olimpiade ini sebagai acara pembukaan olimpiade terbesar dari segi penonton dan geographical coverage. 

Sumber: Olympics

Hungry Episode 5 GIF by Friends

(via Giphy)

Mengingat skala Olimpiade Paris yang mendunia, apa aja fasilitas yang dinikmati atletnya? 

  • Tempat Tinggal

Buat atlet yang bertanding dalam Olimpiade Paris 2024, mereka bakal tinggal di Olympic & Paralympic Village. Sebanyak 14.250 atlet Olympic Games dan 8.000 atlet Paralympic Games bakal tinggal di wilayah itu.

Sumber: Olympics 

  • Layanan Medis

Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyediakan layanan kesehatan untuk Olimpiade Paris 2024, yang memberikan layanan medis yang lebih terspesialisasi bagi atlet yang berkompetisi di olimpiade tersebut. Klinik media juga akan tersedia setiap saat buat para atlet. 

Beberapa layanan yang diberikan adalah pengecekan dan diagnosa kemungkinan penyakit atau kecelakaan, melakukan X-ray, bahkan memberikan analisis untuk mencegah munculnya penyakit atau kecelakaan kala bertanding.

Sumber: Olympics

  • Konsultasi Ahli Gizi

Atlet bisa berkonsultasi dengan ahli gizi yang mampu berbicara bahasa Prancis, Inggris, Mandarin, Spanyol, dan Rusia jika dibutuhkan. Salah satu dari mereka bakal hadir di restoran tempat makan atlet setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore. 

Nggak hanya itu, setiap makanan yang disajikan di restoran atlet ini bakal dilengkapi juga dengan fact sheet yang menunjukkan jumlah kalori makanan tersebut per 100 gram. 

Sumber: Olympics

  • Restoran Buka 24 Jam

Nggak hanya ahli gizi, restoran atlet juga dibuka selama 24 jam sehari supaya atlet bisa makan kapanpun mereka mau. Olimpiade Paris juga bakal menyediakan lebih dari 13 juta makanan dalam ajang Olympic Games dan Paralympic Games.

Jumlah tersebut setara dengan jumlah makanan yang diberikan dalam 10 kali pertandingan World Cup. 

Sumber: Olympics

  • Sistem Pendingin Geothermal

Tempat tinggal atlet untuk Olimpiade Paris 2024 di desain eco-friendly dan maka dari itu nggak menggunakan AC. Namun, ruangan para atlet ini bakal didinginkan menggunakan sistem pendingin geothermal yang menggunakan air dingin dari bawah tanah. 

Sumber: France24

  • 35 Venue

Secara keseluruhan, Olympic Games dalam Olimpiade Paris 2024 bakal dilakukan di 35 venue, di mana kebanyakan berada di dalam dan sekitar Paris. Tapi ada pula beberapa venue yang terletak di kota lain, salah satunya di Lyon Stadium (untuk pertandingan sepak bola). 

Sumber: Al Jazeera

Summer Olympics Paris GIF by Sealed With A GIF

(via Giphy)

What are your thoughts? Let us know!

(Courtesy of Antara)