Bantu menantu dapatkan posisi strategis

Mantan Presiden Korea Selatan Moon Jae In menjadi tersangka kasus suap karena membantu menantu laki-lakinya mendapatkan posisi strategis di perusahaan penerbangan.

Identifikasi status tersebut tertuang dalam surat penggeledahan dari Kejaksaan Tinggi Korsel pada 30 Agustus.

Adapun penggerebekan dilakukan di rumah anaknya, Moon Da Hye ini ditangani Divisi Kriminal 3 Kantor Kejaksaan Distrik Jeonju.

Sebagai imbalan?

Dikutip dari Straits Times, status tersangka muncul usai menantu Moon, Seo mendapat pekerjaan di maskapai penerbangan Eastar Jet yang didirikan Lee Sang-jik.

Banyak yang menyebut pekerjaan itu merupakan imbalahn atas pengaturan pengangkatan posisi penting di pemerintahan bagi Lee.

Lee diangkat menjadi presiden Badan UKM dan Perusahaan Rintisan Korea, atau Kosme, pada Maret 2018, hanya beberapa bulan sebelum Seo bergabung dengan unit Eastar di Thailand pada Juli di tahun yang sama. Tahun tersebut Moon masih menjabat sebagai presiden

Pihak berwenang Korea Selatan kemudian melakukan penyelidikan kemungkinan hubungan posisi Seo dan penunjukan Lee Sang-jik sebagai Kosme.

via Yeonhap

Ada pengaduan

FYI, penggerebekan di rumah anak Moon juga terjadi usai adanya laporan aduan soal perekrutan Seo, di Thai Eastar Jet  pada 2020.

Adapun Seo saat ini sudah bercerai dengan Moon Da Hye.

Pada September 2020 dan April 2021, Partai Kekuatan Rakyat (PPP) yang saat itu menjadi oposisi, dan kelompok sipil Justice People di Seoul mengajukan empat pengaduan dengan tuduhan kemungkinan hubungan timbal balik antara Lee dan Seo.

PPP mengajukan pengaduan korupsi ke jaksa penuntut umum terkait pengangkatan Seo sebagai direktur eksekutif Thai Eastar Jet.

Jaksa menduga pengangkatan Lee mungkin telah diputuskan selama pertemuan informal sekretaris presiden pada akhir tahun 2017.

Gaji yang fantastis

Dokumen pengadilan menyebutkan Moon dan istrinya menafkahi keluarga putri mereka dan baru berhenti saat Seo mulai bekerja di Thai Eastar Jet.

Jaksa memperkirakan Seo menerima total 223 juta won atau sekitar Rp2.5 miliar dalam bentuk gaji dan biaya relokasi ke Thailand antara Juli 2018 dan April 2020.

Oleh karena itu, mereka mengindikasikan dalam surat perintah penggeledahan bahwa Moon diduga menerima jumlah tersebut sebagai suap Lee.

Seo telah menjalani pemeriksaan tiga kali pada 2024 sebagai saksi, dan secara konsisten mempertahankan haknya untuk tidak bersuara.

Top image via (Photo by Ahn Jeong-won / POOL / AFP)

Let us know your thoughts!

  • Taklukan Jerman di Partai Final, Indonesia Juara FIFAe World Cup 2024 Football Manager

  • Tidak Bisa Lanjutkan Aspirasi Warga Jakarta, Anies Baswedan Minta Maaf

  • Gunakan Robot, Indonesia Berhasil Jalankan Operasi Kista Ginjal Jarak Jauh