Serangkaian pelatihan simulasi pelatihan

Warga DKI Jakarta mulai dipersiapkan menghadapi risiko megathrust segmen Selat Sunda lewat serangkaian pelatihan simulasi bencana oleh pemerintah provinsi setempat.

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan simulasi secara serentak, untuk mengurangi risiko bencana megathrust yang kembali menjadi perhatian,” Ketua Sub-kelompok kedaruratan dan penanganan pengungsi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta, Wardaya sebagaimana dikutip dari ANTARA, Senin (16/9).

Wardya menyebut pihaknya sudah menyiapkan berbagai skenario simulasi agar bisa menjangkau semua kalangan.

Adapun skenario itu disiapkan untuk berbagai kondisi, termasuk di rumah sakit, pemukiman padat penduduk, pasar, sekolah, dan gedung perkantoran.

Bukan hanya gempa

Selain itu, Wardya menyebut kalau simulasi serentak juga akan mengajarkan teknik penyelamatan diri selain gempa, melainkan juga saat berhadapan dengan bencana kebakaran serta banjir.

BPBD Jakarta menggaet berbagai pihak yang memiliki keahlian darurat bencana seperti petugas kebakaran, Basarnas, ataupun tim ahlik K3 perusahaan untuk pelaksanaan simulasi bencana kepada masyarakat.

Earthquake GIF - Find on GIFER

Agenda rutin yang sudah diatur

Lebih lanjut Wardya memastikan akan ada surat edaran dari gubernur untuk simulasi tersebut.

“Nanti akan ada sebentuk surat edaran dari gubernur untuk simulasi serentak ini,” ujarnya.

Wardaya mengatakan bahwa simulasi bencana ini bukan yang pertama di Jakarta melainkan merupakan agenda rutin dari pemerintah daerah dan sudah diatur dalam peraturan gubernur.

Bahkan dalam hal ini BPBD Jakarta di kantornya kawasan Petojo Utara, Gambir, sudah menyiapkan fasilitas ruang literasi lengkap dengan peralatan terkait kebencanaan dan bisa dimanfaatkan masyarakat secara gratis setiap harinya.

“Masyarakat kita ini cepat puas, sampai ada yang menilai untuk apa latihan terus-terusan. Tapi ketika kejadian lupa. Contoh, misalnya korban kebakaran larinya ke air tapi semestinya merangkak supaya asap tidak terhirup. Itulah simulasi seperti ini siap untuk terus digencarkan,” kata dia.

Top image (ilustrasi) via Unsplash

Let us know your thoughts!

  • Borong 18 Kemenangan di Emmy Awards, Serial Shogun Cetak Sejarah

  • OJK: Gen Z dan Milenial Berkontribusi Sebesar 37,17 Persen Kredit Macet

  • Demi Keamanan, PSSI Akan Perketat Masuknya Penonton Timnas di SUGBK