UI masukkan E-sports jadi peminatan dalam kurikulum mereka

Universitas Indonesia (UI) memasukkan E-sports menjadi salah satu peminatan dalam kurikulum mereka.

Semakin berkembangnya cabang olahraga E-sports di Indonesia menawarkan peluang karier dengan prospek yang menjanjikan.

Jadikan E-sports sebagai konsentrasi jurusan dalam kurikulum prodi Produksi Media

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D.

Program Pendidikan Vokasi UI melihat potensi tersebut dan mengambil langkah dengan memasukkan E-sports dalam kurikulum Program Studi (Prodi) Produksi Media.

“Langkah inovatif pun diambil dengan memasukkan eSports sebagai salah satu peminatan dalam kurikulumnya (prodi Produksi Media),” kata Wicaksono dalam keterangan tertulisnya saat menghadiri acara talkshow Esports dan Industri di Sekitarnya yang berkolaborasi dengan EVOS E-sports pada Kamis, 12 September 2024.

Arahkan passion generasi muda menjadi hal hal yang produktif

Wicaksono mengatakan jika peminatan E-sports ini bertujuan untuk mengarahkan passion para generasi muda dalam bermain game agar lebih produktif.

Khususnya bagi para mahasiswa/i Universitas Indonesia yang disebut memiliki jumlah gamers yang banyak.

“Banyak mahasiswa yang suka bermain game di Universitas Indonesia. Mudah-mudahan teman-teman yang memiliki passion tersebut bisa mengembangkannya ke arah yang lebih positif, bahkan menjadi salah satu profesi yang menjanjikan di masa depan,” ujar Wicaksono.

Saat ini sebagian besar masyarakat di Indonesia mungkin sepakat menilai E-sports bukan lagi sekadar hiburan tapi juga sebagai profesi dengan ilmu hingga skill yang dapat dipelajari dengan serius.


Let uss know your thoughts!