Memastikan fungsional sistem rel dan aspek teknis

PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) dilaporkan sudah melakukan uji coba resmi jalur Light Rail Transit atau Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase 1B dari Stasiun Velodrome ke Rawamangun pada Senin (30/9).

“Kami bersama PT Waskita Karya Tbk, PT Nindya Karya, dan PT Len Railway System telah mencatatkan salah satu capaian penting dalam pembangunan LRT Jakarta Fase 1 yakni uji coba jalur atau ‘test track’ pada Senin (30/9),” kata Direktur Teknik dan Pengembangan PT Jakpro Dian Takdir di Jakarta, Selasa, sebagaimana dikutip dari ANTARA.

Lebih lanjut uji coba ini dimaksudkan untuk memastikan fungsional sistem rel dan aspek teknis lainnya berjalan dengan baik, terlebih sesuai dengan standar keselamatan yang ada.

FYI, tes ini menggunakan kereta maintenance rail vehicle (MRV) yang berangkat dari Stasiun Velodrome.

Solusi atasi kemacetan

Lebih lanjut dia menyebut kalau LRT Jakarta Fase 1B akan efektif menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan dan meningkatkan penggunaan transportasi publik di Jakarta.

“Kami optimistis pembangunan LRT Jakarta Fase 1B rute Velodrome–Manggarai akan menjadi solusi efektif untuk mengatasi kemacetan dan meningkatkan penggunaan transportasi publik di Jakarta,” katanya.

Sementara itu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI juga mengoptimalkan teknologi building information modeling (BIM), teknologi yang digunakan untuk memantau progres pembangunan jalur kereta tersebut.

Menurutnya, teknologi itu memungkinkan deteksi dini atas ketidaksesuaian kualitas dan desain, selain itu sebagai bank data untuk seluruh proyek LRT Jakarta Fase 1B

 ANTARA FOTO/Muhammad Ramdan/Spt.

Berlangsung selama 36 bulan

“Konstruksi LRT Jakarta Fase 1B Velodrome–Manggarai akan berlangsung selama 36 bulan dan dengan sistem dan manajemen yang terintegrasi, penyelesaian proyek ini ditargetkan selesai pada kuartal tiga 2026, sesuai rencana yang ditetapkan,” kata dia.

Sebelumnya pembangunan LRT Fase 1B rute Velodrome sampai Manggarai resmi dimulai dengan peletakan batu pertama pembangunan pada 30 Oktober 2023.

Jarak tempuh sekitar 26 menit

LRT Jakarta Fase 1B akan memiliki panjang jalur 6,4 km dengan lima stasiun baru Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman dan Stasiun Manggarai.

LRT Fase 1A yang saat ini sudah beroperasi melayani enam stasiun mulai dari Stasiun Pegangsaan Dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Velodrome.

Nantinya, total panjang jalur dari Stasiun Pegangsaan Dua Kelapa Gading hingga Stasiun Manggarai mencapai 12,2 km dengan waktu tempuh sekitar 26 menit.

Top image via ANTARA FOTO/Muhammad Ramdan/Spt.

Let us know your thoughts!

  • Masuki Masa Pancaroba, BMKG Himbau Masyarakat Waspada Angin Puting Beliung

  • LRT dan MRT Akan Digratiskan Pramono Bagi 15 Golongan

  • UI Masukkan E-sports dalam Kurikulum Mereka yang Bisa Dipilih saat Peminatan Jurusan