PSSI layangkan surat protes ke FIFA terkait performa Wasit Ahmed Al Kaf di laga Bahrain Vs Indonesia

Persatuan Sepekabola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan pihaknya akan mengirimkan surat protes kepada Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) terkait kinerja Wasit Ahmed Al Kaf pada laga antara Indonesia dengan Bahrain pada Kamis, 10 Oktober 2024 kemarin.

Laga tersebut meruapakan putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang diadakan di Stadion Nasional Bahrain, Riffa.

Indonesia sempat unggul 2-1 atas Bahrain tapi wasit perpanjang pertandingan melebihi tambahan waktu

Indonesia sebenarnya sempat unggul 2-1 sebelum gol yang disumbang oleh Mohamed Marhoon pada menit ke-99 yang membawa Bahrain imbang 2-2 dengan Skuad Garuda.

Gol pada menit ke-99 tersebut berhasil didapat oleh Tim Nasional Bahrain setelah Wasit Ahmed Al Kaf memberikan tambahan waktu selama enam menit.

Sayangnya semua tidak berjalan sesuai aturan karena pertandingan masih berlanjut hingga menit ke-99, melewati batas waktu yang ditambahkan oleh Wasit.

PSSI, Timnas hingga masyarakat Indonesia tidak terima dan laporkan ini ke FIFA

Langkah dari Wasit Ahmed Al Kaf ini tentunya menimbulkan kontroversi dan menaikkan tensi antara kedua negara tersebut.

PSSI, Timnas hingga masyarakat Indonesia yang ikut menyaksikan pertandingan tersebut kompak mengkespresikan kekecewaan mereka. Bahkan tak sedikit masyarakat Indonesia yang emosi dengan berjalannya pertandingan Bahrain Vs Indonesia tersebut.

Anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga melalui pernyataan tertulisnya menyampaikan jika pihaknya akan mengirim surat protes kepada FIFA.

“Ya kita kirim surat protes. Kita sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. Seperti menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol,” kata Anggota Komite Eksekutif PSSI melalui platform perpesanan Whatsapp pada dini hari WIB, dilansir Antara, Jumat 11 Oktober 2024.

Kenapa Wasit Ahmed Al Kaf disebut curangi Skuad Garuda?

Bukan tanpa alasan, performa Wasit Ahmed Al Kaf dinilai berat sebelah. Puncaknya karena ia memberikan tambahan waktu selama enam menit, namun pertandingan tetap dilaksanakan hingga menit ke-99 tepat setelah Bahrain berhasil mengimbangi skor Indonesia saat Mohamed Marhoon menjebol pertahanan Marteen Paes.

Secara logika, laga yang mempertemukan Skuad Garuda dengan Timnas Bahrain ini selesai pada menit ke-90. Namun karena Wasit Ahmed memberikan tambahan waktu selama enam menit, seharusnya pertandingan selesai atau dihentikan pada menit ke-96.

Dalam perhitungan, 90+6=96. Dan pada menit ke-96 skor Indonesia masih unggul 2-1 atas Bahrain.

Tak disangka, Wasit Ahmed justru tidak menghentikan pertandingan hingga di menit ke-99, setelah Bahrain berhasil mengimbangi Indonesia dengan skor akhir 2-2.


Let uss know your thoughts!