Rafael Nadal umumkan pensiun dari tenis pada usia 38 tahun

Petenis berhasil meraih 22 gelar Grand Slam, Rafael Nadal, mengumumkan pensiun dari tenis profesional pada usia 38 tahun, Kamis, 10 Oktober 2024 waktu setempat.

Menjadi salah satu atlet tenis terbaik dunia, ke-22 gelar Grand Slam yang ia kantongi menempatkan Nadal di urutan kedua dalam daftar pemain putra sepanjang masa. Urutan pertama diisi oleh Novak Djokovic.

Petenis yang terkenal teknik penguasaan di lapangan tanah liat umumkan Davis Cup bakal jadi pertandingan terakhir

Nadal dikenal dengan teknik penguasaannya di lapangan tanah liat dan persaingan sengitnya di lapangan bersama petenis asal Swiss, Roger Federer.

Dalam pengumuman gantung raketnya tersebut Nadal juga menyampaikan dirinya akan memainkan pertandingan terakhir di Davis Cup pada November 2024 mendatang.

Keputusan sulit dalam karir di dunia tenis yang harus diambil

Dalam surat perpisahan yang ia narasikan dalam sebuah video yang berdurasi 4 menit 45 detik yang dibagikan di sejumlah platform media sosialnya pada Kamis, 10 Oktober 2024 waktu setempat, Nadal mengungkap bahwa mengakhiri karir sebagai atlet tenis profesional merupakan keputusan yang sulit untuk diambil.

Namun dengan mempertimbangkan banyak hal terutama cedera pinggul yang mengharuskannya melakukan operasi pada 2023 lalu tentu tidak bisa dianggap remeh.

“Ini jelas merupakan keputusan yang sulit, keputusan yang membutuhkan waktu lama bagi saya. Dalam kehidupan ini, segala sesuatu mempunyai awal dan akhir. Dan saya pikir ini adalah waktu yang tepat untuk mengakhiri karir yang telah panjang dan jauh lebih sukses daripada yang pernah saya bayangkan,” kata Rafael Nadal dalam video berdurasi hampir 5 menit tentang pengumuman pensiunnya.

https://x.com/RafaelNadal/status/1844308861492318594

Cedera parah pada musim sebelumnya jadi faktor kuat Nadal putuskan gantung raket

Sebelum mengumumkan pensiunnya, Nadal sudah jarang mengikuti turnamen dalam dua musim terakhir karena alasan cedera.

Akibat cedera parah tersebut, ia terpaksa harus menjalani operasi pinggul pada 2023 lalu dan hanya mengikuti dua dari delapan turnamen besar terakhir.

Dalam video tersebut Rafael Nadal menyebutkan bahwa cedera yang ia alami menjadi salah satu alasan di balik keputusan beratnya ini.

“Ini adalah tahun-tahun yang sulit, terutama dua tahun terakhir ini. Saya rasa saya tidak bisa bermain tanpa batasan,” ujar Nadal saat rekaman video memperlihatkan dirinya sedang menerima fisioterapi.


Let uss know your thoughts!