Pamit dua hari lalu dari kursi Menko Marves, Luhut Binsar beri kejutan pagi ini

Pamit dua hari lalu dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan muncul ke publik dengan jabatan baru sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional.

Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029, Prabowo Subianto, secara resmi melantik Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin, 21 Oktober 2024.

Pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden RI

Pelantikan resmi Ketua Dewan Ekonomi Nasional ini dilakukan di Istana Merdeka yang terletak di Gambir, Jakarta Pusat.

Menurut laporan Antara, pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 139/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Ketua Dewan Ekonomi Nasional yang ditetapkan pada 20 Oktober 2024.

“Dengan nama Tuhan Yang Maha Esa, Presiden RI Prabowo Subianto, terhitung sejak saat pelantikan mengangkat Jenderal TNI Purn. Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional,” demikian bunyi pernyataan yang dibacakan Deputi Bidang Administrasi dan Aparatur Kementerian Sekretaris Negara Nanik Purwanti, dikutip Antara, Senin, 21 Oktober 2024.

Sebut dirinya tak lagi mau jadi menteri di pemerintahan berikutnya

Luhut sempat menjabat sebagai Menko Marves di Kabinet Indonesia Maju (KIM) pada periode 2019-2024.

Sebelum resmi dilantik, Luhut mengungkapkan jika dirinya tak lagi ingin menjadi menteri pada pemerintahan berikutnya.

Salah satu alasannya adalah karena sang istri, Devi Simatupang tidak memberikan restu untuk Luhut kembali menjabat sebagai menteri di kabinet pemerintahan presiden yang baru.

“Nggak, kalau saya jadi menteri cukup lah. Istri saya sudah tidak setuju saya menteri lagi. Kalau beri saran-saran iya,” kata Luhut pada 14 Februari 2024 sebagaimana yang dilaporkan Antara.

“Kejutan” saat upacara pelantikan di Istana Negara

Pada hari ini, Luhut cukup mengejutkan masyarakat dengan kehadirannya di Istana Negara pagi ini dalam acara pelantikan bersama Presiden Prabowo.

Pelantikan ini secara resmi menandakan bahwa dirinya kini menjabat sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional pada Kabinet Merah  Putih.

Pada tahun 2015-2016, Luhut juga sempat menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sebagai pengganti Tedjo Edhy Purdijatno.


Let uss know your thoughts!