Fokus Untuk Pencoloblosan Saat Pilkada

Badan Legislasi (Baleg) DPR baru saja mengusulkan ide menarik menjelang Pilkada serentak 2024 yang bakal berlangsung 27 November mendatang.

Salah satu usulan yang mencuri perhatian datang dari Wakil Ketua Baleg DPR, Ahmad Iman Sukri, yang menyarankan agar masyarakat diberikan waktu libur selama tiga hari untuk lebih fokus pada pencoblosan. Usulan ini dikemukakan Iman setelah rapat perdana Baleg pada Rabu (23/10).

“Banyak anggota tadi mengusulkan agar minta waktu tiga hari agar dikosongkan untuk fokus nyoblos dan menyukseskan pilkada 2024,” jelas Iman di kompleks parlemen.

Rapat Perdana Baleg dan Jadwal Sidang Hingga Desember

Selain membahas usulan libur pencoblosan, rapat Baleg DPR juga membahas agenda legislatif selama masa sidang DPR yang berlangsung hingga 5 Desember.

Pada rapat ini, Baleg menegaskan komitmennya untuk menyelesaikan berbagai agenda penting, termasuk penyusunan kembali daftar program legislasi nasional.

Rapat kedua akan dilanjutkan dengan pembahasan Prolegnas.

“Hari ini rapat kedua menyepakati agenda yang akan kita bahas sampai 5 Desember, termasuk Prolegnas tadi,” ungkap Iman.

Warga menunjukkan surat suara saat mengikuti simulasi pemungutan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta 2024 di Gelanggang Remaja Johar Baru, Jakarta, Kamis (24/10/2024). Simulasi tersebut dilakukan sebagai persiapan bagi para petugas dan warga mengenai tata cara pemungutan dan penghitungan suara Pilkada 2024 yang akan dilaksanakan serentak pada 27 November 2024. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/agr

Prioritas RUU Hingga Akhir Tahun

Ketua Baleg DPR, Bob Hasan, juga memberikan update soal fokus kerja mereka hingga 5 Desember.

Menurutnya, Baleg bakal menetapkan sejumlah Rancangan Undang-Undang (RUU) prioritas, termasuk beberapa yang sudah dibahas sebelumnya, seperti RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT) dan RUU MD3.

“Agenda kita ini tidak terlepas dari agenda 2019-2024. Jadi kami di sini harus melanjutkan agenda prioritas yang sudah ada,” kata Bob.

Dengan usulan libur tiga hari dan sejumlah RUU prioritas yang akan digarap, Baleg tampaknya mempersiapkan Pilkada dan legislasi dengan serius.

Let us know your thoughts!

  • Respon Skor PISA yang Merosot, Prabowo Buka Opsi Matematika Diajarkan Mulai TK

  • MA Batalkan Vobis Bebas, Ronald Tannur Dihukum 5 Tahun Penjara

  • Pemkab HSU Dorong Stop BAB Sembarangan, Bagikan 300 WC Sehat ke Masyarakat